Perpustakaan Skripsi Online


Perkembangan pendidikan secara nasional di era reformasi, yang sering disebut-sebut oleh para pakar pendidikan maupun oleh para birokrasi di bidang pendidikan sebagai sebuah harapan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negeri ini dengan berbagai strategi inovasi, ternyata sampai saat ini masih belum menjadi harapan. Bahkan hampir dikatakan bukan kemajuan yang diperoleh.

Kalimat tersebut mungkin sangat radikal untuk diungkapkan, tapi inilah kenyataan yang terjadi dilapangan, sebagai sebuah ungkapan dari seorang Dosen yang mengkhawatirkan perkembangan pendidikan dewasa ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa karya ilmiah, baik yang berupa skripsi, thesis, jurnal, penelitian, dan lainnya kini hanya menumpuk diperpustakaan dan dalam rak-rak buku kampus-kampus. Banyak juga karya ilmiah dari hasil mahasiswa yang sudah lulus menjadi tidak berguna karena hanya disimpan sebagai "kenang-kenangan". Padahal kalau karya tersebut terpublikasikan, besar peluangnya untuk menjadi sumber inspirasi dan media pengembangan bagi masyarakat yang haus dan peduli terhadap ilmu pengetahuan.

Berkembangnya ilmu pengetahuan tak luput dari semua pihak baik pemerintah, guru, dosen, mahasiswa dan seluruh komponen masyarakat mempunyai peranan yang besar, karena semakin kita tak peduli dengan itu, maka dampak yang ditimbulkannya dapat kita rasakan sekarang, budaya konsumerisme bangsa, meningkatnya pengangguran dan kriminalitas, selanjutnya bangsa ini akan tergilas oleh arus globalisasi yang sedemikian kompleks.

Hadirnya media online ini diharapkan dapat membantu teman-teman dalam menyusun karya ilmiah. Walaupun kami sadar terjadinya pro kontra tentang media online seperti ini karena berkaitan dengan karya akademik. Hal ini dikhawatirkan terjadinya plagiat. Plagiat adalah pendapat karya atau hasil penelitian orang lain yang diakui sebagai pendapat, karya, atau hasil penelitian sendiri. Bentuk-bentuk yang dikategorikan kegiatan plagiat adalah:

1. Mengutip pendapat orang lain tanpa menyebut sumbernya.

2. Menjiplak seluruhnya atau sebagian hasil karya orang lain, seperti makalah, skripsi, tesis, disertasi.

Untuk menghindari hal tersebut, kami sediakan forum diskusi bagi member untuk membahas karya ilmiah yang sedang dibuat.

KoleksiSkripsi.com adalah situs perpustakaan skripsi online. Kami berharap dengan adanya situs ini dapat bermanfaat dan dapat membantu dalam menyelesaikan karya ilmiah Anda. Suatu usaha tak akan menjadi sia-sia kalau kita mulai dengan niat baik dan sungguh-sungguh dalam menjalankannya, kami akan selalu terbuka jika ada saran kritik yang membangun dari anda.

Salam sukses,
www.KoleksiSkripsi.com



(005) PESAN NOVEL LINGKAR TANAH LINGKAR AIR KARYA AHMAD TOHARI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN AKHLAK BESERTA METODE PENYAMPAIANNYA


PENDAHULUAN

A. Penegasan Istilah

Penegasan istilah dalam penelitian ini dimaksudkan untuk menghindari banyaknya penafsiran, sehingga tidak sesuai dengan fokus dan ruang lingkup penelitian, adalah sebagai berikut:

  1. Studi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, studi mempunyai makna kajian, telaah, penyelidikan ilmiah.[1]

Yang dimaksudkan studi dalam penelitian ini adalah penelaahan atau penyelidikan ilmiah terhadap novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari dalam konteks pendidikan akhlak. Penyelidikan dalam penelitian ini menekankan pada upaya pengkajian nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari.

  1. Novel Lingkar Tanah Lingkar Air Karya Ahmad Tohari

Novel merupakan sebuah karya prosa fiksi yang panjangnya cukupan, tidak terlalu panjang namun juga tidak terlalu pendek.[2] Novel yang merupakan karya fiksi dibangun oleh unsur-unsur pembangun seperti unsur peristiwa, tokoh, plot, tema, latar, sudut pandang yang cukup kompleks dan rumit.[3]

Adapun novel Lingkar Tanah Lingkar Air, merupakan salah satu dari novel-novel karya Ahmad Tohari yang diterbitkan oleh LKiS tahun 1999. Ahmad Tohari adalah seorang novelis atau pengarang novel dan cerpenis. Ada sejumlah novel yang telah dihasilkannya antara lain Kubah, Ronggeng Dukuh Paruk, Lintang Kemukus Dini Hari, Jentera Bianglala, Bekisar Merah, Belantik. Sedangkan kumpulan cerpennya di antaranya adalah Senyum Karyamin, Nyanyian Malam dan lain-lain.

Novel Lingkar Tanah Lingkar Air ini mengisahkan pergulatan batin tokoh-tokohnya; Amid, Kiram dan Jun untuk memilih kemungkinan menyerahkan diri ke pangkuan Republik atau tetap bertahan di hutan-hutan sebagai prajurit Darul Islam (DI) dengan kondisi yang makin terdesak. Pada akhirnya, mereka pun menyerahkan diri dengan resiko memperoleh cemooh dan cibiran dari masyarakat. Akan tetapi, tidak lama kemudian mereka berkesempatan membuktikan keberanian mereka ikut menumpas pemberontakan G 30 S/PKI pada tahun 1965 bersama pasukan Republik. Meskipun tokoh Amid harus menghadapi kematian, muncullah semacam kebahagiaan karena telah melakukan suatu jihad.

Novel ini pernah didiskusikan di Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada Bulan Buku Nasional 1995, dengan pembicara Sukristanto dan Yudiono K S. Menurut Sukristanto (1995), novel ini relevan bagi masyarakat pembaca karena kaya informasi otentik sekitar revolusi kemerdekaan meskipun di sana-sini terdapat kejanggalan waktu jika disimak secara cermat.[4] Sementara itu, Yudiono K.S. (1995) memandang novel ini sebagai potret ketidakberdayaan individu menghadapi berbagai perubahan politik di sekitarnya.[5]

Belakangan, novel ini pun memikat perhatian Purwantini dari Universitas Airlangga, Surabaya, yang menulis makalah untuk Pertemuan Ilmiah Nasional XI Himpunan Sarjana-Kesusastraan Indonesia di Surakarta, 2-3 Oktober 2000. Purwantini (2000) berpendapat bahwa kesempatan Amid, Kiram dan Jun ikut serta menumpas pemberontakan PKI pada akhir tahun 1965 dimaksudkan sebagai pembelaan pengarang terhadap pejuang-pejuang Darul Islam yang dahulu dianggap pemberontak.[6] Sebenarnya, perlawanan mereka terkait dengan ketidaktegasan sikap politik Pemerintah RI (Sukarno-Hatta) terhadap kelicikan orang-orang komunis yang mencatut nama Darul Islam untuk berbagaimkejahatan; seperti perampokan, pembakaran hutan dan pemerkosaan.

Menurut penulis, novel ini sangat menarik untuk dikaji, mengingat novel ini mengandung nilai-nilai kehidupan yang tampak dalam diri pelaku-pelaku maupun peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam novel ini sebagaimana ungkapan dari beberapa peneliti di atas.

3. Perspektif Pendidikan Akhlak

Perspektif diartikan sebagai sudut pandang, tinjauan atau pandangan.

Sedangkan pendidikan akhlak, pernyataan ini terdiri dari dua buah kata, yaitu kata pendidikan dan kata akhlak. Pendidikan adalah segala usaha orang dewasa dalam pergaulannya dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmani dan rohaninya ke arah kedewasaan.[7]

Sedang kata akhlak berarti salah satu bagian dari Pendidikan Agama Islam yang membahas tentang budi pekerti yang juga merupakan salah satu program Pendidikan Dasar Umum yang berfungsi sebagai dasar pembinaan seorang muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT. Jadi pendidikan akhlak adalah suatu usaha yang dilakukan oleh orang dewasa kepada anak-anak untuk mendewasakannya dari segi tingkah laku sehingga terbentuk manusia yang berkepribadian muslim, yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.[8] Dengan demikian yang dimaksud dengan perspektif pendidikan akhlak adalah dalam penelitian ini menggunakan sudut pandang akhlak dalam mengungkapkan isi pesan yang ada dalam novel.

Dengan demikian yang dimaksud dengan judul di atas adalah suatu. kajian ilmiah tentang nilai pendidikan akhlak dalam novel Lingkar Tanah Lingkar Air.

B. Latar Belakang Masalah

Islam adalah agama moral yang mementingkan isi, bukan penampilan saja, serta membentuk jiwa dengan nilai-nilai moral bukan kerendahan dan cita-cita sosial Islam yang dimulai dengan perjuangan menumbuhsuburkan aspek-aspek aqidah, etika dalam diri pemeluknya.[9] Sedangkan pendidikan merupakan proses penyiapan generasi muda untuk mengisi peranan, memindah nilai-nilai Islam yang diselaraskan dengan fungsi manusia untuk beramal di dunia dan memetik hasilnya di akhirat.[10]

Menurut Islam, pendidikan (mencari ilmu) merupakan salah satu kegiatan yang wajib hukumnya untuk dilakukan bagi pria dan wanita dan berlangsung seumur hidup, semenjak dari buaian sampai ajal datang (prinsip pendidikan; long life education).[11] Hal itu menunjukkan bahwa kegiatan pendidikan merupakan hal yang penting dilakukan dilakukan manusia dalam rangka memanusiakan manusia itu sendiri. Artinya pendidikan sangat perlu dilakukan mengingat pentingnya pengetahuan bagi manusia dalam memenuhi segala kebutuhannya, baik yang bersifat material maupun spiritual.

Dalam era modern seperti sekarang ini, nampaknya dalam masyarakat telah terjadi tindakan-tindakan atau perilaku yang mengarah pada kemerosotan akhlak manusia, terbukti dengan semakin maraknya tindakan yang berupa penganiayaan, pemaksaan kehendak, pelanggaran hak-hak asasi manusia antara yang berkuasa dan yang dikuasai, antara yang kuat terhadap yang lemah, antara yang bermodal kuat terhadap yang bermodal lemah, antara majikan dengan buruhnya. Di samping itu juga telah terjadi krisis identitas, hilangnya rasa percaya diri dan makin berkembangnya sikap frustasi di kalangan generasi muda saat ini, yang terbukti dengan makin populernya minum-minuman keras dan zat-zat narkotik, serta munculnya kelompok-kelompok gank di kalangan remaja.

Di samping semua hal yang telah terjadi di atas, yang sangat memprihatinkan juga terjadi pergeseran nilai-nilai sosial dan susila dalam masyarakat, seperti adanya indikasi makin berkembangnya budaya serba bebas; bebas bergaul antara pria dan wanita, bebas berbuat tanpa batas dan sebagainya, yang telah menimbulkan bencana bagi umat manusia, yaitu dengan munculnya penyakit AIDS yang sangat menakutkan banyak orang, ataupun munculnya bencana yang lain akibat ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Kalau mengingat itu semua, kini makin disadari betapa pentingnya nilai-nilai agama serta semangat akhlakul karimah dalam berbagai aspek kehidupan manusia, baik secara individu maupun kolektif (sosial). Pembangunan kembali terhadap akhlak manusia dari puing-puing kehancuran kini dirasakan lebih penting daripada hanya membangun kesejahteraan fisik semata. Sebab apalah artinya pembangunan kesejahteraan fisik manusia spektakuler, yang telah dicapai oleh manusia zaman modern ini bila akhirnya manusia tidak dapat menikmatinya. Dan bahkan justru akan menjadi bumerang bagi manusia itu sendiri.

Pembangunan akhlak manusia dapat ditempuh dengan pendidikan, di mana pendidikan merupakan suatu proses atau upaya dalam membantu peserta didik menemukan kedewasaan. Melalui pendidikan, diharapkan peserta didik dapat menjadi manusia yang memiliki pribadi yang bertanggung jawab, baik kepada Tuhannya, sesama ciptaan-Nya, maupun lingkungannya.

Kongres Pendidikan Islam Sedunia tahun 1980 di Islamabad menetapkan pendidikan sebagai berikut:

“Pendidikan harus ditujukan ke arah pertumbuhan yang berkeseimbangan dari kepribadian manusia yang menyeluruh melalui rasio, perasaan dan pancaindra. Oleh karenanya, maka pendidikan harus memberikan pelayanan kepada pertumbuhan manusia dalam semua aspeknya yaitu aspek spiritual, intelektual, imajinasi, jasmaniah, ilmiah, linguistic, baik secara individu maupun kolektif, serta mendorong semua aspek itu ke arah kebaikan dan pencapaian kesempurnaan.” [12]

Dengan melihat pola tujuan pendidikan di atas, nampak bahwa pendidikan dapat ditempuh melalui lembaga-lembaga pendidikan baik formal, informal maupun nonformal. Dapat diartikan bahwa untuk memperoleh pendidikan tidak hanya dari sekolah saja atau waktu sekolah saja, tetapi pendidikan dapat diperoleh kapan saja dan di mana saja, dengan syarat pengaruh yang didapat harus memiliki nilai manfaat dan bernilai positif bagi peserta didik dalam perkembangannya menuju kedewasaan.

Keberhasilan pendidikan dipengaruhi oleh banyak faktor atau komponen, baik yang bersifat internal maupun yang sifatnya eksternal yaitu komponen-komponen pendidikan yang ada pada lingkungan pendidikan maupun pribadi pendidik atau peserta didik. Salah satu di antara komponen-komponen yang berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan adalah media pendidikan.[13] Media pendidikan ini dapat berupa buku ataupun benda-benda yang dapat dimanfaatkan dalam menunjang keberhasilan pendidikan, termasuk media cetak, seperti majalah, buletin, bahkan novel juga dapat dimanfaatkan sebagai media pendidikan.

Novel merupakan salah satu bentuk karya sastra yang tertulis yang di dalamnya mengandung ide-ide, gagasan, pesan-pesan, ataupun ajaran-ajaran yang diungkapkan dalam bentuk cerita. Novel merupakan sebuah karya imajiner yang menceritakan berbagai masalah kehidupan manusia dalam interaksinya dengan lingkungan dan sesama, interaksinya dengan diri sendiri, serta interaksinya dengan Tuhan, yang merupakan hasil dialog, kontemplasi dan reaksi pengarang terhadap lingkungan dan kehidupan.[14]

Sejalan dengan hal di atas, pengarang Ahmad Tohari ingin menyampaikan pesan-pesan dan misi keagamaan (Islam) melalui karya-karyanya, salah satunya adalah novelnya yang berjudul Lingkar Tanah Lingkar Air. Dalam novel Lingkar Tanah Lingkar Air, tampak kehidupan religius pada diri para pelakunya, diantaranya adalah Kiai Ngumar yang senantiasa memberikan nasehat-nasehat keagamaan pada santri-santrinya, satu diantaranya adalah Amid, sejak Amid masih kecil. Ketika mengalami kebingungan-kebingungan, seperti ketika ia ragu untuk memilih antara menjadi laskar DI/TII atau menjadi tentara RI, ia tidak lupa dan malu untuk meminta nasehat pada gurunya yaitu Kiai Ngumar.

Novel Lingkar Tanah Lingkar Air ini mengisahkan pergulatan batin tokoh-tokohnya; Amid, Kiram dan Jun untuk memilih kemungkinan menyerahkan diri ke pangkuan Republik atau tetap bertahan di hutan-hutan sebagai prajurit Darul Islam (DI) dengan kondisi yang makin terdesak. Pada akhirnya, mereka pun menyerahkan diri dengan resiko memperoleh cemooh dan cibiran dari masyarakat. Akan tetapi, tidak lama kemudian mereka berkesempatan membuktikan keberanian mereka ikut menumpas pemberontakan G 30 S/PKI pada tahun 1965 bersama pasukan Republik. Meskipun tokoh Amid harus menghadapi kematian, muncullah semacam kebahagiaan karena telah melakukan suatu jihad.

Munculnya kata Darul Islam (DI) pada awal kisahan novel Lingkar Tanah lingkar Air merupakan informasi yang pentinfg bagi pembaca, baik generasi tua yang sudah mengetahui perihal Darul Islam maupun generasi muda yang hanya mengetahui DI dari buku pelajaran sejarah. Secara teoritis pula dapat dipastikan bahwa pembaca masa kini hanya mendengar dan mengetahui perihal DI dari penuturan lisan dan buku sejarah. Sangat mungkin pengetahuan pembaca hanya terbatas pada identitas DI sebagai maker yang bergaris keras pada dekade 1950-an, dengan tokohnya yang terkenal yaitu Sekarmadji Maridjan Kartosuwiryo. Gerakan atau pemberontakan tersebut pernah merajalela di daerah Jawa Barat dan sebagian wilayah barat Jawa Tengah. Tujuannya hendak mendirikan sebuah negara yang berdasarkan syariat agama Islam.

Akan tetapi, novel Lingkar Tanah Lingkar Air tidak bercerita tentang DI sebagai ideologi atau gerakan politik, sebab novel ersebut memang bukan novel sejarah. Dengan sejumlah kelebihan dan kekurangannya, novel Lingkar Tanah Lingkar Air telah mengungkapkan dunia batin para tokoh yang konflik internalnya ternyata pantas dipahami sebagai bahan renungan pembaca. Masalah itu dapat dipastikan tidak pernah terungkap dalam buku pelajaran sejarah atau buku-buku politik. Bagi pembaca masa kini, barangkali masalah itu sudah tidak aktual lagi mengingat jarak waktu yang sudah lama. Namun, esensinya boleh dikatakan tetap relevan dengan kehidupan masa kini dengan segala macam konflik batin individu yang mungkin berbungkus organisasi, partai ataupun ideologi.

Orang boleh saja menarik batas yang tegas antara kebenaran dan kesalahan individu dalam konteks ideologi tertentu. Padahal keberadaan individu tidak terlepas dari proses panjang interaksinya dengan lingkungan sosial tertentu. Hal semacam itulah yang muncul dalam novel Lingkar Tanah Lingkar Air, yaitu proses perjalanan dan interaksi para tokoh dengan lingkungan sosial di jaman pasca kemerdekaan sehingga muncul tokoh-tokoh yang terlibat konflik untuk mempertahankan diri sebagai laskar DI atau kembali menjadi orang-orang Republik.

Melalui novel ini, Ahmad Tohari mengajak para pembacanya untuk dapat belajar merasakan dan menghayati berbagai permasalahan kehidupan yang sengaja ditawarkan melalui perjuangan para tokohnya dalam memaknai hidup dan berjuang mencari jati dirinya serta upaya para tokoh dalam mencapai kedudukan sebagai Insan Kamìl. Melalui novel ini juga, Ahmad Tohari ingin menyampaikan pesan tentang bagaimana beratnya perjuangan hidup manusia dalam memenuhi tugas dan tanggung jawabnya, baik sebagai khalifah Allah SWT di bumi, maupun sebagai ciptaan yang menyembah kepada Khaliqnya. Hal ini sesuai dengan adanya pranata yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk berbakti pada Tuhan dan berhubungan dengan alam.

Namun sangat disayangkan, masih banyak orang yang tidak menyadari dan hanya melihat novel sebagai sarana hiburan dan pengisi waktu luang saja. Mereka tidak menyadari akan adanya manfaat lain dari membaca novel. Sehingga yang mereka peroleh dari membaca novel hanyalah rasa terhibur sejenak, tanpa adanya sesuatu hal yang membekas dalam diri mereka. Itu terjadi karena kurangnya pemahaman para pembaca dan pencinta novel terhadap arti keberadaan novel itu sendiri. Sehingga sewaktu membaca novel, yang terjadi hanyalah pergulatan emosi dan perasaan tanpa melibatkan rasio untuk memahami, menelaah dan menganalisis pesan apa yang terkandung dalam sebuah novel.

Padahal kalau dikaji lebih lanjut, novel sebagai bentuk karya sastra dibuat bukan sekedar untuk dinikmati saja, melainkan juga untuk dimanfaatkan oleh masyarakat pembacanya. Dengan kata lain, novel bersifat menyenangkan dan bermanfaat. Novel bersifat menyenangkan karena dengan membaca novel pembaca akan memperoleh suatu hiburan. Novel bermanfaat karena dengan membaca novel pembaca akan memperoleh nilai-nilai kehidupan agung yang sering terlepas dari pengamatan sastrawan. Melalui novel, pengarang berusaha memberikan amanat kepada pembacanya. Namun pesan moral atau amanat yang disampaikan melalui cerita tentulah memiliki efek yang berbeda bila dibandingkan dengan penyampaian secara langsung.

Dalam hal ini novel, khususnya Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari ini sebagai sarana cerita tidak bersifat menggurui para pembaca, melainkan memberikan sesuatu yang secara tidak langsung menyentuh hati para pembacanya. Dengan demikian akan timbul keinginan yang secara sadar dan tanpa paksaan untuk merenungkan dan memetik hikmah dari isi makna cerita yang dibacanya.

Novel-novel karya Ahmad Tohari kebanyakan mengandung nilai-nilai Islam yang dominan. Selain itu kebanyakan karya-karya Ahmad Tohari memiliki kekuatan pada latar desanya serta alam pikir pemeran-pemeran utamanya. Ahmad Tohari sangat menguasai alam desa beserta aspek sosiologis, sosial agama yang menguasai kehidupan sehari-hari.

Novel sebagai pengejawantahan pengalaman yang sarat dengan nilai-nilai kehidupan dapat dijadikan sebagai suatu bentuk budaya (produk kehidupan) yang menjanjikan peluang cukup baik untuk media pendidikan dan penanaman nilai-nilai kehidupan, khususnya bagi anak usia sekolah menengah yang sedang berada pada keadaan yang tidak stabil. Maka penelitian terhadap novel dikaitkan dengan perspektif pendidikan Islam atau pendidikan akhlak menjadi sangat penting.

C. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan tersebut di atas, maka permasalahannya dapat dirumuskan sebagai berikut:

1. Apa yang melatarbelakangi penulisan novel Lingkar Tanah Lingkar Air?

2. Bagaimana isi dan pesan novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari?

3. Materi pendidikan akhlak apa saja yang ada dalam novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari dan bagaimana bentuk penyampaian nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam isi novel Lingkar Tanah Lingkar Air?

D. Alasan Pemilihan Judul

Ada beberapa hal yang mendorong penulis untuk memilih judul tersebut di atas, antara lain:

1. Novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari dapat dimanfaatkan sebagai wahana pendidikan atau penanaman nilai-nilai pendidikan Islam, khususnya pendidikan akhlak, baik dalam alur cerita yang dipaparkan, tokoh yang diperankan, maupun tema-tema yang ditampilkan, sehingga perlu dikaji perihal nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung di dalamnya.

2. Novel biasanya hanya dianggap sebagai sarana hiburan dan pengisi waktu luang saja, maka penulis ingin menepis anggapan tersebut sekaligus untuk membuktikan bahwa novel juga mampu memberi manfaat.

3. Novel dapat memberikan pengaruh positif terhadap pembacanya, yang terjadi secara tidak langsung dan kadang tidak disadari oleh pembaca. Sehingga penulis ingin mengetahui seperti apa pengaruh-pengaruh positif atau manfaat novel bagi pembaca ditinjau dari pendidikan Islam, khususnya pendidikan akhlak.

E. Tujuan dan Kegunaan

Tujuan dari penelitian ini adalah:

1. Untuk mendeskripsikan latar belakang penulisan novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari.

2. Untuk mendeskripsikan isi dan amanat novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari dalam perspektif pendidikan akhlak.

3. Untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk penyampaian nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari.

Adapun kegunaan dari penelitian ini adalah:

1. Bagi pecinta sastra pada umumnya, diharapkan akan lebih mudah dalam memahami nilai-nilai yang terdapat dalam karya sastra, khususnya nilai-nilai pendidikan aqidah akhlak baik yang tersurat maupun yang tersirat.

2. Bagi Pendidikan Agama Islam, diharapkan guru dapat memanfaatkan penelitian ini sebagai alternatif sumber bahan pelajaran dalam rangka penanaman nilai-nilai Islami pada siswa melalui karya sastra, mengingat novel Lingkar Tanah Lingkar Air ini sarat dengan nilai-nilai pendidikan agama Islam termasuk nilai pendidikan akhlak.

3. Bagi mahasiswa, dapat memberikan wawasan tentang keberadaan sastra Islami.

4. Hal-hal yang ada dalam penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu behan acuan bagi pelaksanaan penelitian-penelitian yang relevan dimasa datang.

F. Kerangka Teori

1. Pendidikan Akhlak

a. Pengertian Pendidikan Akhlak

Kata akhlak berasal dari bahasa Arab Akhlaq yang merupakan bentuk jamak dari Khuluqun yang bermakna budi pekerti, perangai dan kesusilaan. Pengertian akhlak menurut istilah, beberapa ahli memberikan suatu batasan yang berbeda-beda meskipun pada dasarnya mempunyai inti makna yang hampir sama. Ahmad Amin menyatakan bahwa akhlak merupakan suatu kebiasaan kehendak atau menangnya keinginan dari beberapa keinginan manusia dengan berlangsung berturut-turut.[15] Dengan kata lain, kemenangan keinginan atas keinginan lainnya dalam jiwa manusia tersebut berlangsung secara berturut-turut atau berulang-ulang, sehingga hal tersebut menjadi suatu kebiasaan dan kebiasaan tersebut membentuk satu watak yang lekat dalam jiwanya.

Sedangkan menurut imam Al Ghozali, akhlak adalah sifat yang melekat dalam jiwa seseorang yang menjadikan ia dengan mudah bertindak tanpa banyak pertimbangan.[16]

Dari pengertian-pengertian tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa akhlak adalah suatu kondisi yang terbentuk dalam jiwa manusia, yang lekat dan mendalam di dalam lubuk hati manusia, sehingga dari kondisi yang telah terbentuk tersebut dapat menimbulkan berbagai perilaku baik berupa ucapan maupun tindakan dengan mudah dan gampang tanpa berpikir panjang lebar. Terbentuknya kondisi jiwa tersebut atau yang disebut sifat ataupun watak manusia tersebut bukan terjadi atau ada dengan begitu saja, tetapi didahului dengan suatu proses. Dan watak manusia yang merupakan hasil bentukan suatu proses tersebut bukanlah merupakan hasil yang final atau harga mati.

Pendidikan merupakan segala usaha orang dewasa dalam pergaulan dengan anak-anak untuk memimpin perkembangan jasmani anak-anak tersebut ke arah kedewasaan.[17] Azyumardi Azra mengemukakan bahwa pendidikan merupakan suatu proses dimana suatu bangsa atau negara membina dan mengembangkan kesadaran diri diantara individu. Menurut Omar Muhammad At Toumyi Asy Syaibani, pendidikan Islam diartikan sebagai upaya mengubah tingkah laku individu dalam kehidupan pribadinya atau kehidupan bermasyarakat dan kehidupan dalam alam sekitarnya melalui proses pendidikan, yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam.[18]

Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam pendidikan terdapat unsur. Adanya usaha (kegiatan), baik itu bersifat bimbingan, pengajaran maupun latihan yang dilakukan secara sadar.

1) Ada pendidik, pembimbing atau pelatih.

2) Ada yang dididik atau si terdidik.

3) Memiliki tujuan.

4) Ada alat-alat yang dipergunakan.

Ditinjau dari segi fungsinya, maka secara umum pendidikan mempunyai dua fungsi. Fungsi pendidikan yang pertama adalah fungsi normatif, yakni pendidikan berdasar atas pemilihan nilai yang baik dan tidak baik bagi anak pada khususnya dan bagi manusia pada umumnya. Fungsi normatif lebih menekankan pada pewarisan nilai-nilai yang baik kepada anak agar dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Fungsi kedua adalah fungsi praktis; pendidikan berfungsi praktis penekanannya terletak pada pelaksanaan pendidikan secara praktis dan teknis agar dapat diperoleh format pendidikan yang berdaya dan berhasil guna.[19] Adapun yang dimaksud dengan pendidikan akhlak adalah pendidikan mengenai dasar akhlak dan keutamaan perangai, tabiat, yang harus dimiliki dan dijadikan kebiasaan anak sejak kecil hingga ia menjadi seorang mukallaf, pemuda yang mengarungi kehidupan.[20]

b. Dasar atau Sumber Pendidikan Akhlak

Akhlak menemukan bentuknya yang sempurna pada agama Islam dengan titik pangkalnya pada Tuhan dan akal manusia. Agama Islam pada intinya mengajak manusia agar percaya kepada Tuhan dengan mengakui bahwa Allah SWT adalah Pencipta, Pemilik, Pemelihara, Pelindung, Pemberi Rahmat, Pengasih dan Penyayang terhadap semua makhluk-Nya. Segala apa yang ada di dunia ini, dari biji dan binatang yang melata di bumi sampai kepada langit yang berlapis semuanya milik Tuhan dan diatur oleh-Nya.

Agama Islam juga merupakan petunjuk jalan hidup manusia yang paling sempurna dan memuat ajaran yang menuntun umat kepada kebahagiaan dan kesejahteraan di dalam hidupnya. Semua ini terkandung di dalam ajaran Al Qur’an yang diwahyukan Allah SWT dan ajaran Sunnah yang diturunkan dari apa-apa yang disandarkan pada Nabi Muhammad SAW. Menurut bahasa Endang Syaifuddin Anshori, sumber pokoknya adalah Al Qur’an dan Sunnah, sedang sumber lainnya adalah ijtihad.[21]

Islam merupakan ajaran yang bersifat Rabbani, datang dari Allah SWT. Islam bukanlah ajaran produk pikiran manusia dan bukan produk lingkungan atau masa tertentu, melainkan merupakan petunjuk yang diberikan kepada manusia sebagai karunia dan rahmat (kasih sayang) dari Allah SWT kepada mereka.

Di dalam Islam, Al Qur’an merupakan sumber dari segala sumber hukum yang menjadi pedoman bagi para pemeluknya. Hal ini berarti bahwa di dalam Al Qur’an terkandung berbagai ajaran dan batasan tentang tindakan atau tingkah laku manusia.

Selain Al Qur’an, Sunnah juga merupakan sumber hukum atau ajaran dalam Islam. Dalam hal ini, Sunnah menempati urutan kedua sesudah Al Qur’an. Sunnah merupakan penjelasan operasional dari nilai atau prinsip-prinsip yang terkandung dalam Al Qur’an atau dengan kata lain merupakan model pengaktualisasian dari Al Qur’an dalam konteks kehidupan nyata. Tidak diragukan lagi bahwa semua perkataan, perbuatan, pembiaran dan semua aktivitas Rasulullah SAW merupakan model dan teladan yang bisa dan harus diteladani oleh semua manusia, sebab beliau adalah satu-satunya utusan sebagai “rohmatan lil ‘alamien”.

Dalam Al Qur’an Allah SWT berfirman yang artinya adalah sebagai berikut: “Dan Kami turunkan kepadamu Al Qur’an agar kamu menerangkan kepada umat manusia apa yang telah diturunkan pada mereka dan supaya mereka memikirkannya.”(QS.16:44)

Dengan demikian, Sunnah sebagai sumber ajaran Islam kedua yang merupakan penjelasan rinci dari sumber pertama harus menjadi landasan dan rujukan dalam memecahkan persoalan dalam berbagai segi kehidupan. Harus diyakini bahwa bimbingan dan arahannya mampu mengantarkan manusia pada kesuksesan dan kebahagiaan lahir batin dan dunia akhirat.

Selain Al Qur’an dan As Sunnah, dalam Islam juga dikenal Ijtihad sebagai dasar dalam menetapkan suatu hukum. Hal ini disebabkan tidak seluruh persoalan yang dihadapi manusia mampu dijawab atau diselesaikan dengan Al Qur’an maupun Sunnah Nabi SAW, sehingga perlu penafsiran yang mendalam untuk dapat memutuskan persoalan tersebut.

Penyebutan ketiga sumber hukum yaitu Al Qur’an, Sunnah dan Ijtihad secara berurutan menunjukkan urutan kedudukan dan jenjang pengaplikasiannya. Yakni apabila ditemukan suatu masalah yang memerlukan pemecahan, maka pertama-tama dicari dalam Al Qur’an; jika tidak ditemukan dalam Al Qur’an maka dicari dalam As Sunnah dan akhirnya dicari dengan Ijtihad, baik melalui musyawarah untuk mendapatkan Ijma’ (kesepakatan umum) maupun melalui Qiyas (penganalogian).

Hal ini sesuai dengan dialog antara Rasulullah SAW dengan Mu’adz bin Jabal waktu Muadz diangkat sebagai gubernur Yaman.

Rasulullah SAW bersabda: “Bagaimana caranya kamu memutuskan masalah apabila kepadamu diajukan suatu perkara?” Muadz menjawab: "Saya akan memutuskan dengan kitab Allah SWT.” Rasul bersabda: “Kalau hukum itu tidak ada dalam kitab Allah SWT?” Muadz berkata: “Saya akan putuskan dengan Sunnah Rasul.“ “Jika kamu tidak menemukan dalam Sunnah Rasul?” tanya Rasulullah SAW lebih lanjut. “Saya akan berijtihad dengan pikiran saya dan saya tidak akan membiarkannya,” jawabnya. Maka Rasulullah SAW menepuk dadanya sambil berkata, “Alhamdulillah, Allah SWT telah memberi taufiq kepada utusan Rasulullah SAW sesuai dengan apa yang diridloi oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.” (HR. Ahmad, Abu Daud dan Turmudzi).[22]

Jadi jelaslah bahwa sebagaimana sumber akhlak maka sumber pendidikan akhlak adalah Al Qur’an, As Sunnah dan Ijtihad.

c. Tujuan Pendidikan Akhlak

Di kalangan ahli filsafat etika, tujuan yang ingin dicapai dengan melakukan sesuatu atau tidak melakukannya terkenal dengan summum bukmun yang dalam bahasa Arab disebut Al Ghayyah atau Al Khoirul Kulli. Adapun tujuan yang akan dicapai manusia dengan perilakunya tersebut adalah mencapai kebahagiaan. Demikian pula dengan etika atau ilmu akhlak, tujuan yang hendak dicapai secara umum adalah kebahagiaan. Di dalam Islam tujuan akhlak didasarkan pada pencapaian kebahagiaan, hanya saja kebahagiaan yang ingin dicapai dari akhlak Islam adalah kebahagiaan yang hakiki dan bukan kebahagiaan yang semu. Kebahagiaan sejati yang dimaksud dalam akhlak Islam adalah kebahagiaan di dunia dan akhirat.[23]

Pendidikan akhlak adalah jiwa dari pendidikan Islam. Tujuan moralitas merupakan terminal akhir dari perjalanan panjang proses pendidikan. Tujuan pendidikan akhlak adalah untuk membentuk orang-orang yang bermoral baik, keras kemauan, sopan dalam perkataan dan perbuatan, mulia dalam tingkah laku dan perangai, bersifat bijaksana, sempurna, sopan dan beradab, ikhlas, jujur dan suci.[24]

Pendidikan akhlak bertujuan memberikan advis bagi yang mau menerimanya tentang jalan-jalan yang membentuk pribadi mulia yang dihiasi oleh akhlaqul karimah.[25] Pendidikan akhlak juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan-perbedaan perangai manusia yang baik maupun yang jahat, agar manusia dapat memegang teguh perangai yang baik dan menjauhkan diri dari perangai yang jahat.[26]

Menurut Abdul Rozak Zaidan, sebenarnya baik sastra maupun agama, keduanya merupakan bidang kehidupan manusia yang bersifat rohaniah. Bedanya yang pertama menyajikan pengalaman imajinatif, sedangkan yang kedua menuntut pengalaman yang kreatif dan konsisten (istiqomah). Pada dasarnya, hasil yang dituju dalam beberapa hal adalah sama, yakni kekayaan rohaniah, kekayaan batin yang mutlak diperlukan dalam menggumuli hidup dan kehidupan ini.[27]

Pada hakikatnya sastra merupakan ungkapan sekaligus pengabadian pengalaman pengarangnya. Dengan karyanya itu, seorang pengarang bermaksud agar pembacanya dapat pula merasakan apa yang dialaminya tersebut, karena menurut persepsinya apa yang dialaminya itu memiliki nilai-nilai yang amat berguna bagi kehidupan manusia pada umumnya. Dengan tidak mengurangi fungsinya sebagai hiburan, pengarang dapat memasukkan nilai-nilai yang diyakininya. Nilai-nilai ini sedikit banyak dapat mempengaruhi pembaca. Maka hendaknya nilai-nilai tersebut menjadi renungan sekaligus dapat dijadikan pengetahuan atau pedoman dalam memecahkan masalah yang dihadapi pembaca dalam aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, karya sastra merupakan sebuah cerita yang mengandung tujuan untuk memberikan hiburan kepada pembaca disamping adanya tujuan estetik. Melalui cerita itu, pembaca secara tidak langsung dapat belajar merasakan dan menghayati berbagai permasalahan kehidupan yang sengaja ditawarkan pengarang. Hal itu disebabkan, cerita fiksi atau karya sastra tersebut akan mendorong pembaca untuk ikut merenungkan masalah hidup dan kehidupan. Karena itu, karya sastra sering dianggap dapat menjadikan manusia lebih arif atau dapat dikatakan "memanusiakan manusia".

Jadi jelaslah bahwa tujuan penciptaan karya sastra sejalan dengan tujuan pendidikan akhlak, karena pada dasarnya karya sastra bertujuan untuk mempengaruhi pembaca agar lebih arif serta bijaksana, baik dalam bersikap maupun bertindak.

d. Ruang Lingkup Pendidikan Akhlak

Akhlak merupakan sistem nilai yang mengatur pola sikap dan tindakan manusia di atas bumi. Sistem nilai yang dimaksud adalah ajaran Islam dengan Al Qur’an dan sunnah Rasul sebagai sumber nilainya serta Ijtihad sebagai metode berpikir Islam. Pola sikap dan tindakan manusia tersebut mencakup pola-pola hubungan dengan Allah SWT, sesama manusia (termasuk dengan dirinya sendiri) dan dengan alam.[28] Dengan demikian ruang lingkup akhlak mencakup pola hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan Rasulullah SAW, pola hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan keluarga serta pola hubungan manusia dengan masyarakat.[29]

1) Pola hubungan manusia dengan Allah SWT.

Termasuk dalam bahasan ini adalah mentauhidkan Allah SWT dan menghindari syirik, bertaqwa kepada-Nya, memohon pertolongan kepada-Nya melalui berdoa, berdzikir di waktu siang maupun malam, baik dalam keadaan berdiri, duduk, berbaring dan bertawakkal kepada-Nya.

2) Pola hubungan manusia dengan Rasulullah SAW.

Pola manusia dengan Rasulullah SAW mencakup hal di antaranya menegakkan sunnah Rasul, menziarahi kuburnya di Madinah dan membacakan shalawat.

3) Pola hubungan manusia dengan dirinya sendiri.

Yang termasuk pola hubungan manusia dengan dirinya sendiri di antaranya yaitu menjaga kesucian diri dari sifat rakus dan mengumbar nafsu, mengembangkan keberanian (syaja’ah) dalam menyampaikan hak, menyampaikan kebenaran dan memberantas kedzoliman. Mengembangkan kebijaksanaan dengan memberantas kebodohan dan jumud, bersabar tatkala mendapat musibah dan dalam kesulitan, bersyukur atas nikmat yang diberikan Allah SWT, rendah hati atau tawadlu’ dan tidak sombong, menahan diri dari melakukan larangan-larangan Alla atau iffah, menahan diri dari marah walaupun hati tetap dalam keadaan marah, memaafkan orang, jujur atau amanah dan merasa cukup dengan apa-apa yang telah diperoleh dengan susah payah atau qona’ah.

4) Pola hubungan manusia dengan keluarga.

Pola hubungan dengan keluarga meliputi hal-hal seperti: berbakti kepada orang tua atau birrul walidain, baik dengan tutur kata, pemberian nafkah ataupun doa; memberi bantuan materiil ataupun moral pada karib kerabat; suami memberikan nafkah kepada istri, anak dan anggota keluarga lain, suami mendidik istri dan anak agar terhindar dari api neraka serta istri harus taat kepada suami.

5) Pola hubungan manusia dengan masyarakat.

Pola hubungan dengan masyarakat meliputi hubungan dengan masyarakat dalam konteks kepemimpinan, yaitu pola-pola hubungan seperti: menegakkan keadilan; berbuat ihsan; menjunjung tinggi musyawarah, memandang kesederajatan manusia dan membela orang-orang lemah; mentaati pimpinan dan berperan serta dalam kegiatan-kegiatan kepemimpinan. Sementara sebagai anggota bermasyarakat, perlu menjunjung tinggi ukhuwah dalam se-iman dan ukhuwah kemanusiaan, saling tolong menolong, pemurah dan penyantun, menepati janji, saling nasihat dalam kebenaran dan ketaqwaan.

e. Metode Pendidikan Akhlak

Islam telah menyimpulkan bahwa pendidikan budi pekerti dan akhlak adalah jiwa pendidikan akhlak.[30] Mencapai suatu akhlak yang sempurna adalah tujuan sebenarnya dari pendidikan. Maka tujuan pokok dan terutama dari pendidikan Islam ialah mendidik budi pekerti dan pendidikan jiwa.

Untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa metoda atau cara yang dapat ditempuh. Menurut Athiyah al-Abrosyi, ada beberapa metode yang dapat ditempuh dalam pendidikan moral dan akhlak Islam, antara lain sebagai berikut:[31]

1) Pendidikan secara langsung, yaitu dengan cara mempergunakan petunjuk, tuntunan, nasehat, menyebutkan manfaat dan bahaya-bahayanya, dimana pada murid dijelaskan hal-hal yang bermanfaat dan yang tidak, menuntun kepada amal-amal baik, mendorong mereka berbudi pekerti yang tinggi dan menghindari hal-hal yang tercela. Untuk pendidikan moral ini dipergunakan sejak-sejak, syair-syair, Oleh karena ia mempunyai gaya musik, ibarat-ibarat yang indah, rythme yang berpengaruh dan kesan yang dalam yang ditimbulkannya dalam jiwa. Dapat kita lihat buku-buku dalam bidang sastra, sejarah yang penuh dengan kata-kata berkhitmat, wasiat-wasiat, petunjuk-petunjuk berguna.

2) Pendidikan akhlak secara tidak langsung, yaitu dengan jalan sugesti, seperti mendiktekan sajak-sajak yang mengandung hikmat kepada anak-anak, memberikan nasehat-nasehat dan berita-berita berharga, mencegah mereka membaca sajak-sajak yang kosong. Tidaklah mengherankan, karena ahli-ahli pendidikan dalam Islam yakin akan pengaruh kata-kata berhikmat, nasehat-nasehat dan kisah-kisah nyata itu dalam pendidikan akhlak anak-anak.

3) Mengambil manfaat dari kecederungan dan pembawaan anak-anak dalam rangka pendidikan akhlak. Sebagai contoh mereka memiliki kesenangan meniru ucapan-ucapan, perbuatan-perbuatan gerak-gerik orang-orang yang berhubungan erat dengan mereka. Oleh karena itu maka filsof-filsof Islam mengharapkan dari setiap guru supaya mereka itu berhias dengan akhlak yang baik, mulia dan menghindari setiap yang tercela.

Menurut Miqdad Zaljan, salah satu metode pendidikan membentuk akhlak anak adalah melalui pembiasaan.[32] Pembiasaan memberikan manfaat bagi anak. Karena pembiasaan berperan sebagai efek latihan yang terus menerus, anak akan lebih terbiasa berperilaku dengan nilai-nilai.

Pembiasaan harus diikuti dengan pencerahan. Pencerahan bertujuan untuk mengokohkan iman dan akhlak atas dasar pengetahuan, agar orang yang dididik tetapi pada jalan yang benar, tidak mudah terguncang atau terpengaruh oleh pengaruh-pengaruh negatif yang berasal dari Barat maupun Timur. Disamping itu, pembiasaan juga harus memproyeksikan terbentuknya mental dan akhlak yang lemah lembut untuk mencapai nilai-nilai akhlak.

Cara lain yang dapat ditempuh dalam pembinaan akhlak adalah melalui keteladanan.[33] Akhlak yang baik tidak dapat dibentuk hanya dengan pelajaran, instruksi dan larangan, sebab tabi’at jiwa untuk menerima keutamaan itu tidak cukup hanya dengan seorang guru mengatakan “kerjakan ini” dan “jangan kerjakan itu”. Menanamkan sopan santun memerlukan pendidikan yang panjang dan harus ada pendekatan yang lestari. Pendidikan itu tidak akan sukses, melainkan jika disertai dengan pemberian contoh teladanan yang baik dan nyata.

Selain itu pembinaan akhlak dapat pula ditempuh dengan cara senantiasa menganggap diri sebagai yang banyak kekurangannya dari pada kelebihannya. Dalam hal ini Ibnu Sina mengatakan jika seseorang menghendaki dirinya berakhlak utama, hendaknya ia lebih dahulu mengetahui kekurangan dan cacat yang ada dalam dirinya dan membatasi sejauh mungkin untuk tidak berbuat kesalahan, sehingga kecacatannya itu tidak terwujud dalam kenyataan.[34] Namun ini bukan berarti bahwa ia menceritakan dirinya sebagai orang yang paling bodoh, paling miskin dan sebagainya dihadapan orang-orang, dengan tujuan merendahkan orang lain.

Pembinaan akhlak secara efektif dapat pula dilakukan dengan memperhatikan faktor kejiwaan sasaran yang akan dibina. Menurut hasil penelitian para psikolog bahwa kejiwaan manusia berbeda-beda menurut perbedaan tingkat usia. Pada usia kanak-kanak misalnya, lebih menyukai kepada hal-hal yang bersifat rekreatif dan bermain. Untuk itu ajaran akhlak dapat disajikan dalam bentuk permainan.

2. Karya Sastra dan Novel

Penelitian yang penulis lakukan dapat dikategorikan sebagai kritik sastra. Kritik sastra dimaksudkan untuk menghakimi karya sastra, untuk memberi penilaian dan memberi keputusan bermutu atau tidaknya suatu karya sastra yang sedang diteliti.[35] Dalam kaitannya dengan penelitian pendidikan, penulis mencoba menganalogikan kritik sastra kepada kritik pendidikan, dalam arti penulis berusaha meneliti teks-teks novel yang mengandung nilai-nilai pendidikan, khususnya pendidikan akhlak.

Pada dasarnya hasil budaya suatu bangsa itu tidak lepas dari pengaruh jamannya, begitu juga dengan karya-karya sastra. Karena karya sastra lahir di tengah masyarakat sebagai hasil imajinasi pengarang dan merupakan refleksi terhadap gejala-gejala sosial di sekitarnya.[36]

Menurut Andre Hardjana, karya sastra merupakan ungkapan dari apa yang telah dialami orang tentang kehidupan, apa yang telah direnungkan dan apa yang telah dirasakan mengenai segi-segi kehidupan yang paling menarik minat secara langsung dan kuat. Jadi karya sastra merupakan perenungan kehidupan lewat bahasa.[37]

Dan menurut Sapardi Djoko Damono, sastra dipandang sebagai cermin masyarakat.[38] Keberadaan sastra yang demikian itu telah menjadikan karya sastra dapat diposisikan sebagai dokumen sosial budaya atau sebagai fakta sosial, karena karya semacam itu merupakan hasil aktivitas yang obyeknya adalah alam semesta dan kelompok manusia sekaligus.

Karya sastra merupakan suatu karya yang sarat dengan ajaran etika, moral, atau akhlak yang tinggi. Maka studi mengenai karya sastra dapat memberikan peranan yang sangat berarti dalam perkembangan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu humaniora dan dalam pengembangan kebudayaan nasional Indonesia dan alam pembangunan pada umumnya. Dengan demikian, meneliti hasil karya sastra akan dapat diambil ajaran-ajaran moral yang mampu menjadi pedoman dan pegangan masyarakat pada masanya; bahkan masa kini dan yang akan datang.[39]

Hal ini dikarenakan proses penciptaan kesusastraan melibatkan akar-akar kebudayaan yang berupa panca indra, imajinasi, intelektualitas, cinta, nafsu, naluri, darah, roh serta hidayah kefitrian dari Zat Yang Maha Tinggi, maka akar-akar kebudayaan tadi akan meramu fenomena sosial yang yang ada dan menghasilkan kesusastraan.[40]

Kalau kita melihat dalam konteks Islam, arah pendidikan terdiri dari intelektualitas atau kecerdasan, moralitas dan profesionalitas.[41] Dalam hal ini Islam sangat memberi tekanan pada aspek moralitas (akhlak) di samping aspek-aspek lainnya, karena yang menjadi titik tolak dan titik tuju dari pendidikan adalah seorang manusia. Sebagaimana disebutkan Abdur Rahman Shaleh Abdullah, bahwa manusia merupakan inti dalam pendidikan.[42]

Arah pendidikan sebagaimana disebutkan di atas menunjukkan bahwa pendidikan Islam pada dasarnya tidaklah menolak ilmu pengetahuan dan teknologi, tapi sebaliknya mengambil sikap terbuka terhadapnya. Seperti diungkap oleh Halkin bahwa sikap kaum muslimin terhadap ilmu pengetahuan ialah spontan, menghargai, mengadaptasi dan memanfaatkan dengan selalu menjunjung tinggi harkat dan moralitas kemanusiaan.[43]

Kesusastraan termasuk di dalamnya novel merupakan suatu cara mengungkapkan gagasan, ide, pemikiran dengan gambaran-gambaran pengalaman. Dengan begitu sebuah karya sastra berusaha menggugah kesadaran penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan serta ingin memberikan pengalaman imajinatif bagi pembacanya. Inilah yang menyebabkan suguhan gambaran pengalaman yang disajikan sebuah karya sastra membuat pembacanya ingin secepat mungkin menghabiskan bacaan tersebut.

Sehingga benar apa yang diungkapkan oleh Jakob Sumardjo dalam sebuah artikelnya yang berjudul Pendidikan Nilai dan Sastra, bahwa:

“Kiranya tidak berlebihan apabila sastra dapat dipakai sebagai alat pendidikan nilai-nilai kehidupan atau setidak-tidaknya mempersoalkan nilai-nilai yang dipandangnya kurang sesuai……………muatan nilai yang dikandung karya sastra pun seperti halnya novel mengandung banyak perbedaan. Ada karya sastra yang ditulis untuk mempertegas nilai-nilai, mempersoalkan atau menggugat nilai-nilai yang berlaku. Dan dari tiga tipe muatan nilai-nilai (entah moral, religi, sosial, kemanusiaan) dalam sastra tadi, hanya jenis karya yang mengandung penegasan nilai dan pendayagunaan nilai saja yang dapat diberikan pada anak-anak sekolah untuk dibuka. Sedangkan yang mengandung pendobrakan nilai atau pemberian alternatif nilai hanya dapat diberikan pada anak didik yang sudah mampu berpikir kritis, yang siap sebagai seorang terpelajar.”[44]

Novel merupakan salah satu karya sastra yang bersifat fiktif. Novel berasal dari bahasa Itali yaitu novella yang berarti sebuah barang baru yang kecil.[45] Novel juga dapat diartikan sebuah karya prosa fiksi yang panjangnya cukupan, tidak terlalu panjang, namun juga tidak terlalu pendek.[46]

Sebuah novel merupakan totalitas, suatu kemenyeluruhan yang bersifat artistik.[47] Sebagai sebuah totalitas, novel dibangun oleh unsur-unsur yang saling berkaitan antara satu dengan yang lain.

Unsur-unsur pembangun sebuah novel, secara garis besar dikelompokkan menjadi dua, yaitu unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik.[48] Kedua unsur ini sering disebut para kritikus dalam mengkaji atau membicarakan karya sastra pada umumnya.

Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang membangun karya sastra itu sendiri. Unsur interinsik sebuah novel adalah unsur-unsur yang turut serta membangun cerita. Unsur intrinsik ini diantaranya adalah peristiwa, plot, cerita, penokohan, tema, latar, sudut pandang penceritaan, bahasa atau gaya bahasa. Kepaduan berbagai unsur intrinsik inilah yang membuat sebuah novel berwujud.

Sedangkan unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur yang berada di luar karya sastra, tetapi secara tidak langsung mempengaruhi bangunan atau sistem organisme karya sastra. Atau secara lebih khusus ia dapat dikatakan sebagai unsur-unsur yang mempengaruhi bangunan cerita sebuah karya sastra, namun sendiri, tidak ikut menjadi bagian di dalam karya sastra itu sendiri. Walau demikian, unsur ekstrinsik cukup berpengaruh terhadap totalitas bangunan cerita yang dihasilkan. Oleh karena itu, unsur ekstrinsik sebuah novel haruslah dipandang sebagai sesuatu yang penting. Pemahaman unsur ekstrinsik suatu karya, bagaimanapun akan membantu dalam hal pemahaman makna karya itu, mengingat bahwa karya sastra tak muncul dari situasi kekosongan budaya.

Sebagaimana unsur-unsur intrinsik, unsur ekstrinsik juga terdiri dari sejumlah unsur, antara lain adalah keadaan subjektivitas individu pengarang yang memiliki sikap, keyakinan dan pandangan hidup yang kesemuanya itu akan mempengaruhi karya yang ditulisnya. Artinya unsur biografi pengarang akan turut menentukan corak karya yang dihasilkan. Unsur ekstrinsik berikutnya adalah psikologi, baik psikologi pengarang, psikologi pembaca, maupun penerapan prinsip psikologi dalam karya. Keadaan di lingkungan pengarang seperti ekonomi, politik dan sosial juga akan berpengaruh terhadap karya sastra, dan hal itu merupakan unsur ekstrinsik. Disamping itu juga masih ada unsur yang lain, misalnya pandangan hidup suatu bangsa, berbagai karya seni yang lain dan sebagainya.

Novel merupakan salah satu genre karya sastra, sedangkan karya sastra adalah salah satu cabang kesenian. Kesenian sendiri hakekatnya adalah bagian dari kebudayaan yang merupakan hasil kreativitas manusia dalam rangka meningkatkan harkat dan martabatnya. Dengan demikian, karakteristik yang dimiliki kesenian khususnya dan kebudayaan pada umumnya juga berlaku bagi karya sastra, termasuk novel.

Fungsi kesenian (sastra) menurut Horace adalah dulce et utile artinya manis dan bermanfaat.[49] Unsur dulce, manis, menyenangkan, muncul karena salah satu katakteristik kesenian (termasuk sastra) adalah dominannya aspek estetik, sedangkan adanya unsur utile atau kebermanfaatan sastra tidak lepas dari adanya ajran-ajaran moral yang terdapat di dalamnya.

Fungsi sastra dalam masyarakat bisa bergeser dari zaman ke zaman dan berbeda-beda bagi bermacam-macam bangsa; pada kenyataannya sastra dalam masyarakat dipergunakan dalam berbagai cara. Menurut Bradburry, ada yang mempergunakannya untuk pendidikan, ada yang mempergunakannya untuk pelarian, ada yang untuk mendapat keterangan tentang dunia luas ini dan ada yang membaca sastra karena sastra mengandung dan menghargai nilai-nilai.[50]

Dalam sebuah novel atau karya fiksi, kita tak hanya menemukan satu nilai saja, tetapi bermacam-macam nilai yang akan disampaikan oleh pengarangnya, seperti halnya isi karya sastra akan sangat bergantung kepada pengarangnya, baik itu latar belakang pendidikan, pengalaman, pengetahuan ataupun keyakinannya. Sebuah novel menawarkan model kehidupan mengandung penerapan moral dalam sikap dan tingkah laku para tokoh sesuai dengan pandangan pengarang. Dan melalui cerita, sikap dan tingkah laku para tokohnya itu, pembaca diharapkan dapat mengambil hikmah dari pesan-pesan yang disampaikan. Sehingga jika latar belakang seorang pengarang itu dari pendidikan atau keyakinan keagamaan tertentu, maka sudah sepantasnya jika iapun berusaha memasukkan pengetahuan dan pengalamannya itu ke dalam karya yang ia ciptakan.

Dalam pandangan romantik, sastrawan diharapkan untuk memimpin pembacanya, ia harus menciptakan karya yang dimaksudkan untuk mengubah atau merombak keadaan masyarakat yang dianggapnya tidak beres.[51] Dalam hal demikian itu, karya sastra haruslah mengandung unsur-unsur pembaruan sosial. Dilihat dari satu segi, seorang novelis memang dapat berperan sebagai seorang nabi atau pendeta; karya sastranya dapat berfungsi sebagai perombak atau pengubah keadaan yang dianggapnya buruk dalam masyarakat. Dalam novel-novel mereka berbagai pandangan yang berlaku dalam masyarakat seperti takhayul, kebodohan dan fanatisme agama ditampilkan sebagai hal-hal yang negatif, yang harus dirombak atau dihindari. Sementara itu, nilai-nilai yang dianggap positif, yakni yang erat kaitannya dengan kemajuan, pendidikan dan pengetahuan, ditampilkan dengan harapan bisa mengubah pandangan yang sesat dalam masyarakat.

Ditinjau dari segi lain, pandangan “seni sebagai hiburan” beranggapan bahwa karya seni dimaksudkan untuk menghibur pembaca saja. Dalam pandangan ini, sastrawan berperan sebagai penghasil barang hiburan; ia tidak mempunyai kewajiban di luar itu. Dengan demikian, tugas sebagai perombak atau pembaru tetap dipertahankan dengan cara menciptakan cerita yang bisa menghibur pembaca.

Sebagai sebuah karya imajiner, novel menawarkan pesan moral yang bersifat universal, biasanya akan diterima secara universal pula.[52] Pesan moral sastra lebih memberat pada sifat kodrati manusia yang hakiki, bukan pada aturan-aturan yang dibuat, ditentukan dan dihakimi oleh manusia. Kebenaran yang ada di dunia nyata yang ada dalam karya sastra tidak harus sejalan dengan kebenaran yang ada di dunia nyata[53], karena pesan moral sastra memang tidak harus sejalan dengan hukum agama, walau tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat banyak sekali fiksi yang menawarkan pesan moral keagamaan atau religius.

Hal ini sesuai dengan apa yang ditulis Abdul Rozak Zaidan, bahwa sebenarnya baik sastra maupun agama keduanya merupakan bidang kehidupan manusia yang bersifat rohaniah. Bedanya yang pertama menyajikan pengalaman imajinatif, sedangkan yang kedua menuntut pengalaman yang kreatif dan konsisten (istiqomah). Pada dasarnya hasil yang dituju dalam beberapa hal adalah sama, yakni kekayaan rohaniah, kekayaan batin yang mutlak diperlukan dalam menggumuli hidup dan kehidupan ini.[54]

Alasan ini pula yang mendasari penulisan penulis bahwa sebenarnya karya fiksi atau novel dapat dijadikan sebagai penyampaian pesan dan nilai (pendidikan) terhadap pembacanya. Dengan tidak mengurangi fungsinya sebagai hiburan, pengarang dapat menanamkan nilai pendidikan (dalam hal ini Islam sebagai latar belakang agama), guna mencapai tujuan dari suatu proses pendidikan. Tujuan tersebut merupakan keinginan manusia dalam menjaga hubungannya dengan diri sendiri, sesama manusia (masyarakat), alam sekitar dan dengan Tuhannya. Oleh karena itu diperlukan pula kesadaran seorang pengarang dengan sungguh-sungguh dala menulis suatu karya. Selain itu juga adanya tanggung jawab dan harapan kepada pembacanya akan perubahan ke arah yang positif dengan mengambil pelajaran dan manfaat terhadap apa yang telah dibacanya.

Ada beberapa manfaat yang dapat diambil ketika seorang pembaca suatu karya sastra, dalam hal ini novel, yaitu dapat dijadikan pengisi waktu luang, pemberian atau pemerolehan hiburan, untuk mendapatkan informasi, sebagai sebagai media pengembang dan pemerkaya pandangan kehidupan dan juga memberikan pengetahuan nilai sosio kultural dari zaman atau masa karya sastra itu dilahirkan.[55]

Dilihat dari beberapa manfaat di atas, maka karya sastra dapat menjadi sumber pengetahuan dalam memahami bermacam nilai kehidupan. Nilai-nilai tersebut akan berguna bagi manusia dalam hubungannya dengan sesama makhluk dan Tuhannya. Adapun nilai (pendidikan) Islami yang ada dalam sebuah novel menurut Sujarwanto dalam sebuah artikelnya tentang Nilai-nila Islam dalam Novel Indonesia, dibedakan menjadi 4, yaitu:

a. Nilai Islam sebagai latar atau landas cerita. Pada tataran ini nilai Islam merupakan nuansa-nuansa ke-Islaman yang secara substansi maupun isi tidak mempengaruhimjalan cerita ataupun konflik sentral tokoh dalam cerita.

b. Nilai Islam sebagai ajaran yang memberikan konsepsi aqidah, muamalah dan ibadah. Di sini Islam masuk ke dalam novel bisa berupa unsur, corak atau warna, bahkan mungkin propaganda.

c. Nilai Islam sebagai penghayatan. Dalam konsep ini Islam masuk ke dalam novel bisa merupakan determinan bagi perubahan tokoh-tokoh cerita seperti dalam konflik atau secara lebih luas Islam sebagai sistem sosial yang tercermin dalam jalan cerita.

d. Nilai Islam sebagai paradigma pemikiran atau konsepsi. Pada tataran ini nilai Islam dalam novel tidak lagi bersifat eksplisit, akan tetapi substansinya dapat dirunut kepada sumber-sumber Islam yang otentik.

Walaupun demikian, sebuah novel terkadang tidak hanya mengandung satu pemahaman nilai. Bisa jadi nilai yang ada dalam novel hanya sebagai latar dalam cerita, sebagai ajaran, penghayatan atau juga sebagai paradigma pemikiran. Bisa jadi juga keempat pemahaman nilai tersebut ada dalam suatu novel.

Ajaran moral yang terkandung dalam sebuah karya sastra tidak terlepas dari pribadi pengarang sebagai pencipta karya tersebut. Hal ini dikarenakan karya sastra merupakan media komunikasi pengarang untuk menyampaikan pendapat, pandangan dan penilaiannya terhadap sesuatu yang terjadi dalam di lingkungannya. pandangan, pendapat dan penilaian yang tertuang dalam ajaran moral tersebut dengan sendirinya terkait dengan pribadi pengarang, termasuk keyakinan dan agama yang dianutnya. Pengarang beragama Islam akan lebih berhasil bila mencipta karya yang sesuai dengan ajaran Islam yang dianutnya. Demikian pula pengarang beragama lain. Hal ini dapat dipahami, mengingat seseorang (sastrawan) tidak ingin mengungkapkan sesuatu yang tidak dikuasainya atau di luar kemampuannya.

Jenis ajaran moral yang terdapat dalam karya sastra sangat beragam, seluas permasalahan kehidupan manusia di muka bumi. Namun, secara garis besar permasalahan tersebut digolongkan menjadi tiga, yaitu permasalahan hubungan manusia dengan Tuhannya, dengan sesama manusia dan permasalahan hubungan manusia dengan makhluk lain di sekitarnya. Hal ini berlaku pula dalam agama Islam, yang dicerminkan dalam hubungan hablumminallah dan hablumminannaas. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT dalam Q.S. Al Hujurat ayat 13, yang berbunyi:

ياأيها الناس إنّا خلقناكم من ذكر وأنثى وججعلناكم شعوبا وقبائل لتعارفوا إنّ أكرمكم عند الله أتقاكم إنّ الله عليم خبير

Artinya: “Wahai sekalian manusia, sungguh Kami telah menjadikan kamu sekalian dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.[56]

Secara umum ada dua teknik penyampaian ajaran moral yang dapat digunakan pengarang dalam karyanya. Kedua teknik ajaran moral tersebut adalah dengan penggunaan aktivitas tokoh dan pendeskripsian alam. Penggunaan aktivitas tokoh dalam penyampaian ajaran moral dapat berupa dialog atau percakapan, perbuatan atau tingkah laku dan pikiran tokoh. Sedangkan penggunaan deskripsi alam dalam penyampaian ajaran moral berupa deskripsi alam suatu tempat.

Jika dikembalikan pada konsep Horace tentang fungsi sastra (seni) sebagai dulce et utile, maka kebermanfaatan karya sastra harus dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat (penikmat sastra), termasuk remaja atau pelajar sebagai bagian dari masyarakat. Dengan demikian, secara tidak langsung, karya sastra dapat membentuk moral siswa atau generasi muda, sehingga diharapkan mereka dapat bertindak sesuai dengan norma-norma yang ada dalam agama dan masyarakat.

3. Pendidikan Akhlak dalam Karya Sastra/Novel

Karya sastra merupakan hasil artefak kebudayaan manusia yang mengandung nilai-nilai kemanusiaan. Karya sastra dapat berupa naskah-naskah kuno, manuskrip, maupun prosa seperti novel atau puisi.

Novel merupakan genre sastra yang biasanya berisi tentang kehidupan dan kemanusiaan. Dalam novel banyak ditemukan permasalahan kemanusiaan, dari permasalahan kehidupan yang sepele sampai kepada permasalahan kehidupan yang rumit, yang ditawarkan oleh pengarang kepada pembacanya. Novel merupakan hasil kontemplasi pengarang atau hasil dialog pengarang dengan dunianya yang mengandung pemikiran-pemikiran atau pengetahuan-pengetahuannya tentang kehidupan dan kemanusiaan. Permasalahan yang ditawarkan pengarang tersebut biasanya disebut amanat atau pesan moral. Dinamakan demikian, karena dalam karya yang dihasilkan oleh pengarang tersebut banyak ditemukan nilai-nilai moral yang layak direnungkan oleh pembaca, sehingga nilai-nilai tersebut sedikit banyak dapat mempengaruhi pembaca. Nilai-nilai moral yang ada dalam karya sastra tersebut hendaknya menjadi renungan sekaligus dapat dijadikan pengetahuan atau pedoman dalam memecahkan masalah yang dihadapi pembaca dalam aktivitas sehari-hari.

Ajaran moral (pendidikan akhlak) yang terkandung dalam karya sastra tidak dapat lepas dari pribadi pengarang sebagai pencipta karya tersebut. Hal ini dikarenakan karya sastra merupakan media komunikasi pengarang untuk menyampaikan pendapat, pandangan dan penilaiannya terhadap sesuatu yang terjadi di lingkungannya. Pandangan, pendapat dan penilaian yang tertuang dalam ajaran moral tersebut dengan sendirinya terkait dengan pribadi pengarang, termasuk keyakinan dan agama yang dianutnya. Pengarang yang beragama Islam akan lebih berhasil mencipta karya yang sesuai dengan ajaran Islam yang dianutnya. Demikian pula pengarang yang beragama lain, akan lebih berhasil bila mencipta karya yang sesuai dengan agama yang dianutnya. Hal ini dapat dipahami, mengingat seseorang (sastrawan) tidak mungkin mengungkapkan sesuatu yang tidak dikuasainya atau diluar kemampuannya.

Ajaran moral (pendidikan akhlak) yang terdapat dalam karya sastra sangat beragam, seluas permasalahan kehidupan manusia di muka bumi. Namun secara garis besar permasalahan tersebut digolongkan menjadi tiga, yaitu permasalahan hubungan manusia dengan Tuhannya, dengan sesama manusia dan dengan makhluk lain di sekitarnya. Hal ini berlaku pula dalam agama Islam yang dicerminkan dengan hubungan hablumminallah dan hablumminannas.

Sesuai dengan konsep Horace tentang fungsi sastra sebagai dulce et utile (manis dan bermanfaat), maka kebermanfaatan sastra harus dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat (penikmat sastra), termasuk remaja atau pelajar. Dengan demikian, secara tidak langsung karya sastra atau novel dapat membentuk moral siswa atau generasi muda sehingga diharapkan mereka dapat bertindak sesuai dengan norma-norma yang ada dalam masyarakat, melalui pembacaan dan perenungan mereka terhadap karya sastra/novel.

Ajaran akhlak dalam novel dapat dijumpai dalam aktivitas yang dilakukan para tokoh, dialog yang terjadi antar tokoh, maupun pendeskripsian alam yang dilakukan oleh pengarang. Ajaran akhlak ini dapat bersifat tersurat (jelas) sehingga mudah dipahami dan dimaknai oleh pembaca, dan juga bersifat tersirat (samar) sehingga memerlukan perenungan yang mendalam.

Jadi pada dasarnya pesan moral atau amanat dalam novel dapat dianalogikan sebagai nilai pendidikan akhlak; karena antara keduanya memiliki tujuan yang sama yaitu mempengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan sesuai dengan norma yang berlaku dalam agama dan masyarakat.

G. Tinjauan Pustaka

Penelitian ini mengambil novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari sebagai obyek penelitian. Sejauh pengamatan penulis belum ada yang mengadakan penelitian terhadap novel ini.

Dari beberapa penelitian yang peneliti ketahui, ada beberapa tulisan yang meneliti tentang karya sastra, baik karya sastra yang berupa naskah-naskah kuno, novel, maupun lakon-lakon cerita yang cukup digemari oleh masyarakat, terutama masyarakat Jawa.

Sedangkan penelitian yang membahas tentang lakon cerita di antaranya adalah:

1. Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Wayang Purwo; Analisis dalam Lakon Bima Suci, yang ditulis oleh Zainuddin, Fakultas Tarbiyah tahun 2001. Pembahasan pada skripsi ini hampir sama dengan skripsi sebelumnya, tetapi obyek kajiannya berbeda, sedang sudut pandang yang digunakan sama juga dengan skripsi sebelumnya, yaitu sama-sama menggunakan sudut pandang pendidikan akhlak. Pada skripsi ini dibahas mengenai nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada dalam wayang kulit purwo, khususnya lakon Bima Suci.

2. Ajaran Akhlak dalam Lakon Jaka Tarub pada Kesenian Kentrung, Blitar, Jawa Timur, yang ditulis oleh Rahmah Wahyuningrum, Fakultas Tarbiyah, Tahun 2001. Pembahasan pada skripsi ini diawali dengan sinopsis cerita Lakon Jaka Tarub dan kemudian dibahas tentang unsur-unsur pendidikan akhlak apa saja yang ada dalam Lakon Jaka Tarub tersebut.

Sedangkan penelitian terhadap novel, khususnya novel karya Ahmad Tohari, sejauh pengamatan penulis ada tiga pembahas, yaitu:

1. Pesan-pesan Dakwah dalam Novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari, yang ditulis oleh Asih Hidayatun, Fakultas Dakwah pada tahun 1990. Skripsi ini berisi pesan-pesan dakwah yang ada dalam novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari yang meliputi ajaran Islam berupa; keimanan (tauhid), ibadah serta akhlak.

2. Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari yang ditulis oleh Susiani, Fakultas Tarbiyah tahun 2001. Skripsi ini membahas unsur-unsur pendidikan Islam apa saja yang ada dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk dan dua novel yang lain, yaitu novel yang berjudul Lintang Kemukus Dini Hari dan Jantera Bianglala, yang merupakan kelanjutan dari novel Ronggeng Dukuh Paruk. Dalam penelitian ini diungkapkan secara menyeluruh tentang aspek-aspek Pendidikan Islam yang ada dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk, meliputi aspek pendidikan keimanan (aqidah), akhlak, ibadah dan muamalah.

3. Nilai-nilai Pendidikan Aqidah Ahklak dalam Novel Bekisar Merah Karya Ahmad Tohari yang ditulis oleh Puji Astuti, Fakultas Tarbiyah pada tahun 2000. Dalam skripsi ini dibahas tentang nilai-nilai pendidikan aqidah akhlak apa saja yang ada dalam novel Bekisar Merah karya Ahmad Tohari. Pembahasan pada skripsi ini terbatas pada uraian tentang pendidikan aqidah akhlak secara global yang meliputi konsep-konsep tentang pengertian aqidah dan akhlak, cara-cara memperkuat keimanan, tingkat-tingkat keimanan manusia dan juga faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penanaman nilai-nilai akhlak. Dilanjutkan dengan analisis tentang aspek-aspek pendidikan aqidah akhlak yang terkandung dalam novel Bekisar Merah, disamping teknik penyampaian nilai-nilai pendidikan aqidah akhlak yang digunakan oleh Ahmad Tohari dalam novel Bekisar Merah ini.

Demikian tadi beberapa literatur yang dapat peneliti ketahui yang berhubungan dengan sastra dan juga berhubungan dengan penelitian pada skripsi ini. Penelitian yang berjudul Studi atas Novel Lingkar Tanah Lingkar Air ini berusaha meneliti lebih jauh kandungan novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari ditinjau dari segi pendidikan akhlak.

H. Metode Penelitian

1. Jenis Penelitian

Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat library reseach atau kajian kepustakaan, yaitu teknik penelitian yang mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan berbagai macam materi yang terdapat dalam kepustakaan, baik berupa buku, surat kabar, majalah jurnal dan beberapa tulisan lain yang memiliki keterkaitan dengan pembahasan penelitian ini. Adapun sumber primer dalam penelitian ini adalah novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari. Sumber sekundernya adalah novel-novel karya Ahmad Tohari yang lain, di samping buku-buku tentang sastra yang mendukung penelitian ini serta buku-buku tentang pendidikan Islam. Penelitian ini berusaha mengkaji nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari.

2. Penentuan Subyek dan Obyek Penelitian

a. Subyek Penelitian.

Yang menjadi subyek penelitian ini adalah karya novel Lingkar Tanah Lingkar Air dan pengarangnya yaitu Ahmad Tohari.

b. Obyek Penelitian.

Yang akan menjadi obyek dalam penelitian ini meliputi latar belakang penulisan novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari, isi dan pesan novel, dan bentuk-bentuk penyampaian nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari.

3. Pendekatan

Penelitian ini menggunakan pendekatan filologi dan pendekatan hermeunitik. Filologi adalah suatu pengetahuan tentang sastra-sastra dalam arti luas yang mencakup bidang kebahasaan, kesusastraan dan kebudayaan.[57] Pendekatan filologi digunakan dalam menemukan kata-kata yang merujuk pada pendidikan akhlak.

Hermeunitik menurut Teeuw adalah ilmu atau teknik memahami karya sastra dan ungkapan bahasa dalam arti yang lebih luas menurut maksudnya.[58] Menurut Teeuw, cara kerja hermeunitik untuk penafsiran karya sastra dilakukan dengan pemahaman keseluruhan berdasarkan unsur-unsurnya, dan sebaliknya, pemahaman unsur-unsur berdasarkan keseluruhannya.

Dalam penelitian ini, pendekatan hermeunitik digunakan dalam mengkaji nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari.

4. Metode Pengumpulan Data

Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan teknik sebagai berikut:

a. Interview

Metode interview adalah metode pengumpulan data dengan komunikasi langsung antara peneliti atau penyelidik dengan subyek[59] atau sebuah dialog untuk memperoleh informasi. Bentuk interview yang penulis gunakan adalah interview bebas terpimpin.

Metode ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang Ahmad Tohari sebagai penulis novel dan data yang berkaitan dengan novel Lingkar Tanah Lingkar Air. Interview dilakukan dengan Ahmad Tohari sebagai penulis novel.

b. Dokumentasi

Metode dokumentasi adalah metode pengumpulan data dengan mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan, transkrip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat,agenda dan sebagainya.[60] Dokumen yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi buku, novel, majalah, surat kabar dan lain-lain yang bekaitan dengan Ahmad Tohari dan hasil karyanya.

4. Metode Analisa Data

Setelah data terkumpul, maka berikutnya adalah mengadakan analisa terhadap data-data tersebut. Sedangkan metode analisa data yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode conten analisis.

Analisis ini merupakan analisis tentang isi pesan suatu komunitas.[61] Pada dasarnya analisis konten dalam bidang sastra tergolong upaya pemahaman karya sastra dari aspek ekstrinsik. Aspek-aspek yang melingkupi di luar estetika struktur tersebut dibedah, dihayati dan dibahas mendalam. Analisis konten digunakan apabila hendak mengungkap kandungan nilai tertentu dalam karya sastra. Makna dalam analisis konten, biasanya bersifat simbolis. Jadi tugas analisis konten adalah mengungkap makna simbolik yang tersamar dalam karya sastra.[62]

Analisis konten adalah analisis yang memenuhi lima syarat, yaitu;a) teks diproses secara sistematis dengan menggunakan teori yang telah dirancang sebelumnya, b) teks yang ada dicarikan unit-unit analisisnya dan dikategorikan sesuai acuan teori, c) proses analisis harus mampu menyumbangkan pada pemahaman teori, d) proses analisis mendasarkan pada deskripsi, dan e) analisis dilakukan secara kualitatif.[63] Dengan demikian, konten analisis dalam penelitian ini adalah melakukan analisis terhadap pesan atau amanat yang terkandung dalam novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari.

I. Sistimatika Pembahasan

Dalam penyusunan skripsi ini penulis menyusunnya dalam beberapa bab dan subbab. Untuk memudahkan pemahaman, maka dibuat sistimatika pembahasan sebagai berikut:

Dalam bab pertama terlebih dahulu diuraikan pendahuluan yang memuat penegasan istilah, latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan dan kegunaan penelitian, kerangka teoritik, tinjauan pustaka, metode penelitian dan sistimatika pembahasan.

Bab kedua berisi biografi Ahmad Tohari, karya-karya Ahmad Tohari dan karakteristik karya-karyanya, latar belakang lahirnya novel dan sinopsisnya.

Bab ketiga berisi tentang pendidikan akhlak, meliputi pengertian akhlak dan pendidikan akhlak, sumber pendidikan akhlak, tujuan pendidikan akhlak, materi pendidikan akhlak dan nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari beserta metode yang digunakan dalam penyampaian nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Lingkar Tanah Lingkar Air.

Bab keempat merupakan penutup yang berisi kesimpulan, saran-saran dan kata penutup.


[1] Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka), hlm. 860

[2] Burhan Nurgiyantoro, Teori Pengkajian Fiksi, (Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2000, hlm. 9-10

[3] Ibid, hal. 12

[4] Yudiono, K.S., Ahmad Tohari: Karya dan Dunianya, (Jakarta: Penerbit PT. grasindo, 2003), hlm. 77

[5] Ibid, hlm. 77

[6] Ibid, hlm. 78

[7] M.Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung: Remaja Karya, 1987), hlm. 11

[8] DEPAG RI, Buku Pedoman Kurikulum Madrasah Tsanawiyah 1984, (Jakarta, 1989)

[9] M. Quraisy Shihab, Membumikan Al Qur’an, (Bandung: Mizan, 1994), hlm. 241-242

[10] Azyumardi Azra, Pendidikan Islam Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, (Jakarta:Logos Wacana Ilmu, 1999), hlm. 3-4

[11] Zuhairini, dkk., Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1995), hlm 98-103

[12] H.M. Arifin, M. Ed., Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991), hlm. 132

[13] Yusufhadi Miarso, Teknologi Komunikasi Pendidikan; Pengertian dan Penerapannya di Indonesia, (Jakarta: CV. Rajawali, 1986), hlm. 99-101

[14] Burhan Nurgiyantoro, Op. Cit, hlm. 2-3

[15] Ahmad Amin, Etika (Ilmu Akhlak), penterjemah Farid Ma’ruf, (Jakarta: Bulan Bintang, 1991), hlm. 62.

[16] Al Ghozali, Mutiara Ihya’ Ulumuddin, (Yogyakarta: Mizan, 1997), hlm. 213.

[17] M. Ngalim Purwanto, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1987), hlm. 11

[18] Omar Muhammad At Toumy Asy Syaibani, Falsafah Pendidikan Islam; terjemahan Hasan Langgulung, (Jakarta: Bulan Bintang, 1979), hlm. 174

[19] Sutari Imam Barnadib, Pengantar Ilmu Pendidikan Sistematis, (Yogyakarta: FIP IKIP Negeri, 1987), hlm. 15

[20] Abdullah Nashih Ulwan, Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, penterjemah Syaiful Kamali dan Hery Noer Ali, (Semarang: Asy Syifa,1981), hlm. 174.

[21] Endang Syaifuddin Anshori, Wawasan Islam, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1993), hlm. 32.

[22] Muslim Nurdin (dkk.), Moral dan Kognisi Islam, (Jakarta: Alfabeta, 1995), hlm. 48

[23] Ismail Thaib, Risalah Akhlak, (Yogyakarta: Bina Usaha, 1984), hlm. 30-34

[24] Athiyah Al Abrosyi, Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam, penterjemah Bustami A Gani dan Djohar Bahry, (Jakarta: Bulan Bintang, 1970), hlm. 103

[25] Hamzah Ya’qub, Etika Islam, (Bandung: Diponegoro, 1983), hlm. 25

[26] Anwar Masy’ari, Akhlak Al Qur’an, (Surabaya: Bina Ilmu, 1990), hlm. 4

[27] Abdul Rozak Zaidan, Sastra dan Agama dalam 3 Kategori Hubungan , (Horison, No. 05 Mei, 1986), hlm. 166

[28] Muslim Nurdin, (dkk.), Op. Cit, hlm.205

[29] Ibid, hlm. 205-209

[30] M. Athiyah al-Abrasyi, Op.Cit., hlm. 1

[31] Ibid., hlm. 1006-111

[32] Miqdad Yaljan, Kecerdasan Moral (Aspek Pendidikan Yang Terlupakan), penterjemah. Tulus Musthofa, (Yogyakarta: Pustaka Fahima, 2003), hlm. 28.

[33] Abuddin Nata, Akhlak Tasawuf, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000), hlm. 163.

[34] Ibnu Sina, Ilmu Akhlak, (Mesir: Dar al-Ma’arfi t.t.), hlm. 202-203.

[35] Rachmat djoko Pradopo, Kritik Sastra Modern Indonesia, (Yogyakarta: Lukman, 1988), hal. 14

[36] Andre Hardjana, Kritik Sastra; Sebuah Pengantar, (Jakarta: Gramedia, 1981), hlm. 10

[37] Ibid, hlm. 10

[38]Sapardi Djoko Damono, Sosiologi Sastra, (Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1979), hlm. 3-4.

[39] Darusuprapto, Ajaran Moral dalam Sastra Suluk, (Yogyakarta: Fakultas Sastra UGM, 1986), hlm. iii

[40] Dick Hartoko, Tonggak Perjalanan Budaya; Sebuah Antologi, (Yogyakarta: Kanisius, 1987), hlm.87

[41] Munir Mulkhan, Paradigma Intelektualitas Muslim, (Yogyakarta: Sipress, 1993), hal. 213.

[42] Abdur Rahman Shalaeh dalam Tabrani dan Samsul Arifin, Islam Pluralitas Budaya dan Politik, Refleksi Teologi untuk Aksi Keberagaman, (Jakarta: Paramadina, 1995), hal. 54

[43] Nurcholis Madjid, Islam Agama Kemanusiaan, (Jakarta: Paramadina, 1995), hlm. 54.

[44] K. Kaswadi (ed.), Pendidikan Nilai Memasuki Tahun 2000, (Jakarta: Grasindo, 1993), hlm. 148-175

[45] Burhan Nurgiyantoro, Op. Cit, hlm. 9

[46] Ibid, hlm. 10

[47] Ibid, hlm. 22

[48] Ibid, hlm. 23

[49] Rene Wellek dan Austin Warren, Teori Kesusastraan, Terjemahan Melani Budiyanto, (Jakarta: Gramedia, 1989), hlm. 30

[50] Sapardi Djoko Damono, Priayi Abangan; Dunia Novel Jawa Tahun 1950-an, (Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya, 2000), hlm. 242

[51] Ibid, hlm. 380

[52] Burhan Nurgiyantoro, Op. Cit., hlm. 322

[53] Ibid, hlm. 322

[54] Abdul Rozak Zaidan, Sastra dan Agama dalam 3 Kategori Hubungan, (Horison, No. 05 Mei, 1986), hlm.166

[55] Aminuddin, Drs., M.Pd., Pengantar Apresiasi Sastra, (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 1995), hlm. 63

[56] Depag RI, Al Qur’an dan Terjemahnya, (Semarang: Tanjung Mas Inti Semarang), hlm. 847

[57] Siti Baroroh Baried, dkk. Pengantar teori Filologi, (Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1985), hlm. 1

[58] A. Teeuw, Sastra dan Ilmu Sastra, Pengantar Teori Sastra, (Jakarta:Pustaka Jaya,1984), hlm. 33

[59] Sutrisno Hadi, Metodologi Reseach, (Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 1990), hlm. 156

[60] Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta:Penerbit Bina Usaha, 1980), hlm. 62

[61] Noeng Muhadjir, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta: Andi Offset, 1990), hlm. 42

[62] Suwardi Endraswara, Metodologi Penelitian Sastra, (Yogyakarta: Pustaaka Widyatama, 2003), hlm. 160

[63] Ibid, hlm. 162


dapatkan file lengkapnya

klik disini

 

Kumpulan Skripsi dan TA Khusus TI, Sistem Informasi, dan Ilmu Komputer



























































































1. Analisa struktur kalimat bahasa indonesia dengan menggunakan pengurai kalimat berbasis linguistik string analysis 2. Aplikasi snipper pada game centero 3. Aplikasi penerimaan siswa baru pada SLTPN 6 4. Perancangan aplikasi penjualan aksesosirs motor berbasis web pada PT Surya Mandiri 5. Perancangan sistim informasi deteksi social engineering 6. Sistim informasi penjualan barang suspensi 7. Sisitm informasi penjualan elektronik berbasis web pada toko digital elektronik 8. Sistim pendukung keputusan untuk memaksimumkan daya jangkau media promosi di prisma group menggunakan linear programming 9. Analisa Traffic Internet pada Jaringan Local Area Network SMA Negeri 13 Palembang”. 9. Pembuatan Film Kartun Animasi, 10. Perancangan sistim informasi pendataan biodata mahasiswa pada Fakultas MIPA 11. Penggunaan analisis SWOT dan analisis AHP untuk menentukan strategi pemasaran perusahaan 12. Strategi Pemasaran perusahaan di CV Pusat Pengolahan Kelapa 13. Komputerisasi penyewaan vcd film di Gajah Rental, Surabaya 14. aplikasi sms untuk pelayanan informasi akademik menggunakan visual basic dan oracle 9i DBMS 15. SMS gateway application for location based service (LBS) system with cell global identity 16. Program bantu perhitungan konstruksi dinding penahan tanah menggunakan VB 17. Sistim informasi penjualan barang pada Catrock Distro 18. Membangun Aplikasi Layangan Pengiriman E-mail to SMSdanSMS to Email berbasis SMS Gateway 19. Pengontrol suhu berbasis mikronkontroler 20. Perancangan program aplikasi robot untuk mencari objek titik api dengan bahasa C 21. Sistim pengaman rumah berbasis GPRS dan image capturing dengan menggunakan bahasa pemro graman Visual Basic 6.0 22. Perancangan kontrol antar muka antara handphone dengan mikrokontroler untuk kontrol jarak jauh 23. Sistim informasi pemesanan tiket berbasis Web pada PT Caraka travelindo Makasar 24. Implementasi Pengamanan basis data dengan teknik enkripsi 25. Perancangan sistim mengubah SMS pada ponsel GSM menjadi ucapan dengan menggunakan PC 26. Sistem sekuriti email dengan menggunakan Gnu Privacy Guard 27. Pengembangan aplikasi sistem absensi karyawan dengan metode barcode pada PT .. 28. Teknik pembuatan antivirus dengan metode pencarian header file data size ofcode dan Address ofEntrypoint sebagai pattern virus 29. Perancangan sistem penjualan brbasis web pada PT Restu Mahkota Karya 30. Perancangan Aplikasi Kriptography Advanced Encryption Standard 31. Rancangan dan implementasi kamus Indonesia-Aceh 32. Sistim komputerisasi suplier Melati Gambir, Purbalingga 33. Aplikasi pencatatan kehadiran mahasiswa menggunakan sidik jari simulasi vending machine 34. Perancangan Program Pemutaran Lagu MP3 dengan ActiveX Object” 35. Monitoring anak sungai Brantas berbasis mobile application, MAP 36. Sistim informasi penjualan barang pada PT Sinar Sakti 37. Analisa sistem kerja PLC dan pemanfaatan sebagai sistim pengontrolan 38. Perancangan sistim administrasi pendidikan pada stikes Bhamada Slawi 39. Pembuatan perangkat keras sistim penguur suhu ruangan berbasis sensor temperatur DS1621 melalui serial port pada komputer 40. Sistem pengamanan pintu ruang menggunakan kombinasi password jari dan kartu, memanfaatkan PPI8255 modus 0 didukung oleh bahasa pemrograman Delphi 5.0 41 Pemanfaatan Remote Acccess pada jaringan Windows berbasis protokol TCP/IP untuk pengendalian manajemen jaringan 42. Analisa pemakai, analisis sistem, Entity Relationship Diagram (ERD), Data Flow Diagram sistim komputerisasi administrasi pendidikan lembaga pendidikan 43. Perancangan Sistim Operasi dan Aplikasi Perkantoran 44. Pemanfaatan Performance Tuning Port USB dalam menangani basis data komplek suatu sistem 45. Sistem pengolahan Dana Pensiunan guru pada PT Taspen Cab. Utama Medan 46. Sistem Pengolahan Data Pasien Berbasis Jaringan LAN pada Praktek Dr. A. R. Mohammad (source code) 47. Sistem pengolahan data pemeliharaan jalan, jembatan dan lingkungan Tol PT Jasa Marga 48. Mikrokontroler sebagai pengendali kelistrikan Gedung dengan timer kontrol 49. Analisis dan perancangan sistem pembangunan mobile web pencarian alamat penting di Kota Surabaya 50. Implementasi Metrik pada pengembangan perangkat lunak 51. Perancangan sistim informasi Penerimaan karyawan 52. Perancangan sistem informasi rencana perbaikan peralatan non rutin berbasis Komputer untuk unit jasa teknik di PT PLN Malang 53. Sistim informasi Pengarsipan berbasis animasi 54. Sistem pencegahan flooding data pada jaringan Komputer 55. Program aplikasi kearsipan pada PT Multifiling Mitra, Cikarang dengan Delphi 56. Pengembangan perangkat lunak pengolahan tera, tera ulang dan kalibrasi berbasis client server 57. Aplikasi akuntansi perhitungan pajak tahunan penghasilan pasal 21 pegawai tetap pada deltra training 58. Analisa perancangan sistem pengisian formulir rencana studi secara online di stmik perbanas 59. Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak Akuntansi Realisasi Anggaran Pemerintahan Daerah Tingkat 2 60. Analisa dan rancangan sistim pemasaran online pada sonic gear gallery 61. Perancangan sistim informasi pemesnan online berbasis web pada PT Inbisco 62 . Sistem informasi penggajian pada PT Surya Lagang Ostentasi Medan 63. Sistim informasi perusahaan umum pegadaian cabang pandaan 64 . EnEnsiklopedia mata berbasis multimedia 65 . implementasi algoritma enkripsi rundael dalam openssl 66. perancangan aplikasi kriptography 67 Perancangan sistem informasi penerimaan karyawan dan absensi pada bagian personalia PT sikas dunia wisata 68. Simulasi sistem pengontrolan daya listrik menggunakan programmable peripheral Interface 69. Sistim informasi pengarsipan berbasis animasi 3d 70. Sistim informasi perpustakaan berbasis web pada perpustakaan universitas surakarta 71 Sistim pencegahan flooding data pada jaringan komputer 72. Aplikasi text to speech (TTS) berbahasa indonesia sebagai pembaca sms 73. IEEE 802.11b sebagai standar teknologi jaringan komputer nirkabel 74. Membangun jaringan PC cloning menggunakan software winconnect 75. PC cloning melalui port USB dengan menggunakan software betwin 76. Pengembangan perangkat lunak pengolahan tera, tera ulang dan kalibrasi berbasis client server 77. Perancangan sistem penjualan berbasis web pada PT Resu Mahkota 78. Sistim informasi kantor DPRD berbasis web 79. Authentication dan Digital Signature dengan Metode Schnorr (OSC) 80. Digital Signature & Subliminal channel dengan metode Ong-Schnorr-Shamir (OSC) 81. Enkripsi & Dekripsi dengan Metode IDEA(OSC) 82. Enkripsi & Dekripsi Menggunakan Metode WAKE(OSC) 83. Enkripsi & Dekripsi Metode GOST(OSC) 84. Kriptografi KUnci Publik RSA dan Pencegahan Serangan Man-in-the-Middle-attaack dengan interlock protocol(OSC) 85. One-Way-Hash HAVAL(OSC) 86. Pembelajaran Enkripsi - Dekripsi Metode MMB(OSC) 87. Pembangkitan bilangan acak menggunaakn Beth-Piper-Stop-And-Go-Generator(OSC) 88. Dasar Matematis Kriptografi (Tes Prima RAbin Miller, GCD & Fast Exponentiation)(OSC) 89. Pembelajaran Algoritma Pencarian HASH(OSC) 90. Pembelajaran Algoritma Pencarian Liner, Biner, Interpolasi dan Indeks Sekuensial(OSC) 91. Pembelajaran Algoritma Pengurutan Heap Sort(OSC) 92. Pembelajaran Algoritma Hamming Code untuk Mencari Bit Error pada Komunikasi Data(OSC)(OSC) 93. Pembentukan Pohon Ekspressi dari Ekspressi Matematika Suffix, Infix dan Postfix 94. Penyelesaian permasalahan Penyusunan Blok (Building Block Problem)(OSC) 95. Problema pergerakan semut dalam bidang Kartesius(OSC) 96. Penyelesaian permasalahan Pergeseran Angka(OSC) 97. Problema penyeberangan Sungai (Crossing Rivers Problem)(OSC) 98. Penyelesaian Masalah Kendi Air (Water Jug Problem)(OSC) 99.Penyelesaian masalah pergerakan legal kuda dalam papan catur(OSC) 100. Sistim Informasi Kontrol Stok(OSC) 101. Sistem Informasi Perparkiran(OSC) 102. Battle Ship Multiplayer(OSC) 103. Halma MultiPlayer (2-3 Pemain)(OSC) 104. Pembelajaran Kalkulus Proposisi(OSC) 105. Penyederhanaan Fungsi Boolean Dengan Metode Quine Mc-Cluskey(OSC) 106. Penghitungan Kuat Arus, Hambatan dan TEgangan dalam Rangkaian Listrik(OSC) 107. Dining Philosophers Simulation(OSC) 108. Simulasi Pengontrolan kesalahan degnan Menggunakan Metode Automatic Repeat Request (ARQ)(OSC) 109. Simulasi Banker Algorithm(OSC) 110. Simulasi Prodeucer-Consumer Problem (Memodelkan Sistem Operasi)(OSC) 111. Readers-Writers Problem Simulation(OSC) 112. Kompresi File Wave dengan Metode Huffman(OSC) 113. Pembelajaran Dasar Bahasa Mandarin(OSC) 114. Pembelajarn Instruksi pada Mikroprosessor Intel 8088-8086(OSC) 115. Komputerisasi barang inventaris pada diknas Bengkulu, VB (opensource)

Koleksi Skripsi Terlengkap Dari Berbagai Jurusan

























































































Administrasi Bisnis : 1.Hubungan Persepsi Petani Pemakai Air Tanah dan Manfaat Irigasi Airtanah Dengan Pendapatan Petani Pemakai Air Tanah 2.Penataan Sistim Perambuan Lalu Lintas di Kota Palopo 3.Pengaruh Usaha terhadap pengembangan karir individu pada distributor MLM * 4.Pengaruh perputaran aktiva tetap dan perputaran piutang terhadap profitabilitas studi empirid pada perusahaan yang listing di BEJ * Administrasi Negara 1.Analisis Kinerja Birokasi Pemerintah Administrasi Publik 1.Standar Mutu Pengawas 2.Kualitas Pelayaan Publik di Unit Pelayanan Terpadu Kabupaten Jember Akhwal Syahsiah 1.Konsep keluarga Sakinah menurut Jama’ah Tablig Perspektif Hukum Islam 2.Pandangan Ibn Qoyyim Al Jawziyyah tentang Persetujuan Anak Gadis dalam Perkawinannya 3.Pemberian Nafkah bagi Mantan isteri menurut Hukum Islam (Studi Atas Pemikiran Asghar Ali Engineer) 4.Tinjauan Hukum Islam tentang Hukuman mati terhadap Kasus Narkoba 5.Peranan Hakim Pengadilan Agama dalam Hukum Islam (Positif Lgality) dan Sosiokultur 6.Konsekwensi Yuridis Harta Bersama terhadap kewajiban Suami Memberi Nafkah dalam Kompilasi Hukum Islam 7.Perseilisihan Agama sebagai Alasan Perceraian 8.Praktek Perkawinan Waria Ditinjau dari Hukum Islam 9.Studi Terhadap Pemikiran M. Quraish Shihab tentang Makna Ahl Kitab dan Implikasinya terhadap hukum perkawinan Beda Agama di Indonesia 10.Teknologi pemilihan jenis kelamin anak, perspektif hukum Islam 11.Zakat Gaji di kalangan pegawai pada Kanwil Depag prop. Daerah Istimewa Yogyakarta 12.Konsep Perwalian dalam perspektif hukum perdata Islam dengan hukum perdata sipil (study komparatif) 13.Pemikiran Djamal Doa dan Didin hafidhudin mengenai Permasalahan Pajak dan Zakat 14.Batas batas Hak Suami dalam memperlakukan istri saat Nusyuz dan Kemungkinan sanksi pidana nya 15.Etika Profesi dalam Perspektif Hukum Islam (Study Analisis Terhadap Kode Etik Profesi Hakim Indonesia) 16.“Iddh perempuan Hamil karena zina: Studi Pasal 53 KHI” BIMBINGAN PENYULUHAN ISLAM 1.Konsep kecerdasan Emosi Daniel Goleman dan Relevansinya dengan Kesehatan Mental Zakiah Daradjat 2.Metode Melatih Kecerdasan Emosional pada Anak (Studi Kasus) 3.Terapi Psikoproblem Melalui Sholat 4.Konsep Dakwah menurut Jalaluddin Rahmat 5.Hubungan Antara Konsep Diri dengan sikap terhadap pergaulan bebas Remaja AKUNTANSI * 1. Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak Akuntansi Realisasi Anggaran Pemerintahan Daerah tingkat II 2. Pengukuran kinerja yang selama ini diterapkan di PT Bestindo Intiselaras? dengan sistem pengukuran Balanced Scorecard? 3. Fungsi internal auditor pada PT Citra Bangun sebagai controling pemeriksaan intern yang baik 4. Peranan perilaku sosial PT X sebagai bentuk pertanggungjawaban sosial perusahaan terha dap lingkungan sekitarnya 5. Analisis perkembangan kemampuan keuangan daerah dalam mendukung pelaksanaan otonomi daerah di kabupaten sukoharjo 6. Pengaruh asimetri informasi terhadap praktik manajemen laba? 7. Pengaruh peran pemeriksaan operasional dalam menunjang efektifitas pengendalian in tern penjualan kartu TelkomFlexi di Telkom Bandung 8. Perhitungan harga pokok produksi flooring pada PT Rimba Karya, Samarinda 9. Pengaruh motivasi, metode pembelajaran dan lingkungan terhadap prestasi belajar akun tansi pada siswa kelas XII Ilmu Sosial di SMAN I Klaten 10. Analisis perbedaan kinerja keuangan, tingkat kemahalan harga saham, return saham, dan likuiditas saham perusahaan yang melakukan stock split dan perusahaan yang tidak melakukan stock split pada perusahaan manufaktur yang go public di BEF 11. Peranan controller dalam perencanaan dan pengendalian penjualan pada PT United Tractor 12. Hubungan audit operasional dan pengelolaan persediaan barang dagangan secara simul tan terhadap peningkatan laba pada PT Pusri, Palembang 13. Penerapan akuntansi pajak atas kepemilikan aktiva kendaraan dengan metode capital lease pada PT Iglas sebagai Lessee 14. Metode pengukuran dan pengakuan rekening laporan keuangan untuk penghitungan zakat 15. Pemeriksaan pengendalian intern persedaiaan pada PT Vedem Putra Sakti 16. Penerapan sistim akuntansi pembiayaan murabahah pada PT BTN kancab Syariah Jakarta 17. Analisa penerapan akuntansi lingkungan di RSU PKU Muhamadiyah, Yogyakarta 18. Pengaruh penurunan dividen terhadap perubahan harga saham sebelum dan sesudah ex- dividen date di BEJ 19. Pendapatan bagi hasil dan perlakuan akuntansinya pada Bank Syariah 20. Analisa laporan laba rugi departemen kamar pada Borneo Intl. Hotel 21. Desain dan pengembangan sistim informasi akuntansi 22 Pengaruh pengendalian internal dan kesesuaian terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi pada perusahaan ritel di kota manado BAHASA INGGRIS 1. The influence of main characters’ conflict toward plot in oscar wilde’s “The importance of being earnest” 2. An analysis of the main charater’s hatred depicted in Sandar Brown’s Where There’s smoke 3. Analisa implisit pada makna novel Harry Potter 4. Effects of pre questioning on the reading comprehension achievement of the second grade students at SMAN II 5. Penerapan BIMBINGAN KONSELING 1.Pengaruh Pelaksanaan Bimbingan karir Terhadap Cita-cita pekerjaan Siswa kelas III Bahasa Madrasah Aliyah 2.Teknik Penggunaan Penerapan Model Synectik dalam Proses Belajar Mengajar di SD Inpress Rappokalling I Makassar 3.Pengaruh Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Tsanawiyah Manbaul Futuh Beji – Jenu – Tuban 4.Peranan Bimbingan dan Penyuluhan dalam Menanggulangi Kesulitan Belajar Siswa di Madrasah Tsnawaiyah Nurul Hasaniyah Desa Sambirawak Kidul 5.Pernaan bimbingan dan penyuluhan dalam penanggulangan kesulitan belajar siswa MTs Walisongo 6. Pengaruh pola kehidupan siswa terhadap prestasi belajar siswa 7. Penanggulangan anak putus sekolah dan cara pembinaannya di Kec. Jangka Bireun BIOLOGI 1.Efektifitas Bakteri Pelarut Fosfat dan Pupuk Terhadap ........?? 2.Perbandingan Kualitas Moromi Kedelai Edammame ....?? 3.Studi Pola Penyebaran Tumbuhan Suku Asteracaeae ?? PENDIDIKAN BIOLOGI 1. Pengaruh metode pemberian tugas dalam pengajaran IPA bagi siswa kelas V SD Inpres Buttatianang I Makassar. 2. Pengaruh penggunaan/ penerapan model synectik dalam proses belajar mengajar di SD Inpres Rappokalling I Makassar. 3. Pengaruh partisipasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada SD Inpres Rappokalling 2 Makassar ? 4. Faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa SD Negeri Labuang Baji I Makassar terhadap mata pelajaran IPA-Biologi? 5. Apakah ada pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar IPA-Biologi siswa SD Inpres Bertingkat Mamajang I Makassar. 6. Study tingkat minat dan perhatian belajar siswa serta prestasi belajar, khususnya mata pelajaran IPA-Biologi pada SDN Labuang 7. pengaruh penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam pengajaran IPA berpengaruh atau efektif terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar Inpres Pajjai Makassar khususnya mata pelajaran IPA ”. 8. Kualitas Proses dan Hasil Belajar Biologi Melalui Pengajaran Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Madrasah Aliyah Ponpes Nurul Haramain Lobar NTB EKONOMI PEMBANGUNAN 1. Pengaruh utang luar negeri (foreign debt) terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia? 2. Bagaimana pengaruh penanaman modal asing (PMA) terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia? 3. Faktor2 yang mempengaruhi produksi petani karet yang dikelola oleh PT JA Wattie 4. Analisis faktor2 yang mempengaruhi Tabungan dan Investasi swasta di Indonesia 5. Faktor – faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Simpanan Berjangka Pada Bank Umum Konvesional di Indonesia Tahun 2000.1 – 2005.4.” 6. Pengaruh pertumbuhan konsumsi dan investasi terhadap pertumbuhan PDB 7. Pengaruh kebijakan pemerintah terhadap energi alternatif (Bio-fuel) dari minyak sawit da ri minyak jarak dan pagar 8. Pengujian kausalitas Granger antara nilai tukar, suku bunga dan deposito serta harga sa ham di lima negara Asean sebelum dan sesudah krisis moneter 9. Pengaruh ekspor, impor dan investasi terhadap pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur. FILSAFAT 1.Realisme Sosialis Pramoedya Ananta Toer (Telaah dalam Novel Tetralogi) 2.Pengaruh Neoplatonisme dalam Wahdatul Wujud Ibnu Arabi 3.Tuhan dalam Pandangan Kahlil Gibran (Telaah Buku atas Novel Taman Sang Nabi) 4.Pemikiran Humanisme Menurut Ahmad Tohari dalam Novel Bekisar Merah dan Belantik 5.Metafisika Jawa dalam Serat Wedhatama Karya KGPAA Mangkunegara IV 6.Urgensi Ilmu Mauhibbah dalam Upaya Penafsiran Al Quran HUKUM PIDANA 1. Peranan penyidik dalam membantu penyelesaian tindak pidana narkoba, study di Polres DI Yogyakarta) 2. Peranan visum et repertum dalam pemeriksaan perkara pidana pada tahap penyidikan (Study Pol Resort Malang) HUKUM ACARA 1.Kode Sumber (Source Code) website sebagai alat bukti dalam Tindak Pidana Terorisme di Indonesia HUKUM PERDATA 1. Pelaksanaan Pemberian Kredit dengan Jaminan Hak Tanggungan pada Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat Badan Kredit Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang ”. 2. Perjanjian Kerjasama Pembiayaan Pekerjaan Site Akuisisi (Sitac) PT Excelcomindo Pratama Tbk antara PT Boer Properti Indonesia dengan PT Laras Surya Mandiri 3. Perjanjian pengangkutan barang melalui kapal laut 4. Pengadaan Tanah bagi Pelaksanaan pembangunan untuk kepentingan umum sejak berlakunya Keppress Nomor 55 Tahun 1993 di Kab. Daerah tingkat II Sleman 5. Bentuk dan pelaksanaan perlindungan bagi pekerja/buruh pada Dinas Kebakaran Kota Mataram 6. Penentuan Pencipta atas Lagu “23 Juli” dan penyelesaian sengketanya (studi Kasus Sengketa antara pihak Thomas “Gigi” dan DJ Riri Melawan PT Rapi Films) 7. Perlindungan hukum terhadap pekerja yang bekerja pada malam hari di Easy Minimarket Yogyakarta? 8. Perubahan perjanjian kerja terhadap status pekerja waktu tertentu setelahkenaikan Upah (Study Kasus PT Karya Bina) 9. Study kasus tentang kegiatan usaha dalam bentuk persekongkolan yang tidak sehat bagi para pelaku usaha 10. Tinjauan Yuridis terhadap Tindak Pidana phedofilia 11. Analisa Hukum asuransi kendaraan bermotor menurut kitab undang-undang hukum dagang 12. Tinjauan Yuridis Terhadap Pengawasan Hakim Yang Dilakukan Oleh Komisi Yudisial Pasca Keluarnya Putusan Mahkamah Konstitusi Atas UU No. 22 Tahun 2004” 13. Tinjauan Yuridis terhadap Penahanan atas Aung San Suu Kyi oleh Pemerintah Myanmar menurut International Covenant on Civil and Political Rights. 14. Eksistensi Grasi dalam perspektif hukum pidana HUKUM ADMINISTRASI NEGARA 1.Pelaksanaan Peraturan Disiplin Pegawai Negri Sipil berdasarkan UU No. 43 Tahun 1999 di Kejaksaan Negeri Semarang 2. Peran DPR dalam pengangkatan Duta Besar RI setelah perubahan UUD1945 3. Eksistensi kebijakan daerahyang demokratis dalam sistem pemerintahan yang bersih bebas dari korupsi, kolusi, nepotisme 4. Implementasi Perda Kota Palu yang berorientasi bagi kepentingan masyarakat dalam menunjang otonomi daerah 5. Eksistensi kebijakan daerah yang demokratis dalam sistem pemerintahan yang bersih bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme ILMU EKONOMI 1.Prospek Pengembangan Usaha Tani Semangka (Studi Kasus) 2.Pengaruh Budaya Kaizen terhadap Kinerja Karyawan pada Koperasi Sae Pujon 3.Pengaruh Implementasi Relationship Marketing terhadap Customer Loyalty pada BRI 4.Analissis Effisiensi Penggunaan Modal kerja untuk kegiatan usaha pada perusahaan konfeksi pada perusahaan konfeksi CV Anugerah 5.Prospek Penjualan Jasa Paket Pos guna meningkatkan pendistribusian dan pelayanan pada kantor pos dan sentral Giro Gabungan Mataram 6.Prospek Penjualan jasa Ekspedisi (Pengiriman Barang) pada PT Kerta Gaya Pusaka Mataram 7.Analisis Pendapatan Petani Cabai (Studi Kasus) 8.Faktor yang mempengaruhi konsumen dalam memilih PT Hero Supermarket ILMU HUKUM 1.Analisa Hukum Asuransi Kendaraan Bermotor Menurut Kitab Undang Undang Hukum Dagang 2.Pelaksanaan Pelindungan bagi pekerja buruh pada dinas kebakaran kota Mataram 3.Eksistensi Grasi dalam Perspektif Hukum Pidana 4.Dampak Hukum bagi Para Pelaku Usaha yang melakukan Kegiatan yang dilaran Sesuai dengan UU No. 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak sehat 5.Pelaksanaan Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil berdasarkan UU No. 43 Tahun 1999 di Kejaksanan negeri Semarang 6.Pengadaan Tanah bagi pelaksanaan pembangunan untuk kepentingan umum sejak berlakunya Keppres Nomor 55 Tahun 1993 di Kab. DT II Sleman 7.Peran DPR dalam pengangkatan Duta Besar RI setelah perubahan UUD 1945 8.Peranan Penyidik dalam membantu Penyelesaian Tindak Pidana Narkoba (studi di Polres DI Yogyakarta) 9.Perjanjian Pengangkutan barang melalui kapal laut dengan menggunakan sistem container pada PT Djakarta Lloyd 10.Perubahan Perjanjian Kerja terhadap status pekerja waktu Tertentu setelah kenaikan upah (studi kasus PT Karya Bina Bersama) ILMU KOMUNIKASI 1.Persepsi target Audience terhadap brand image dalam strategi memenangkan persaingan dalam pemasaran 2.Faktor faktor yang mempengaruhi perilaku peranan media komunikasi (radio swasta) dalam .... 3.Analisis koneksititas komunikasi organisasi 4. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Antar Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palembang.” 5. Tanggapan Humas PT. PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat dan Banten Pada Isi Berita Tentang Perusahaannya Dari Media Cetak Di Bandung 6. Peranan yang diberikan oleh radio siaran swasta khususnya untuk meningkatkan dan memberikan pengetahuan atau informasi mengenai lingkungan serta proses mensosialisasikan 7. Pengaruh Komunikasi Interpersonal Antar Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Palembang. 8. Tanggapan kelompok suporter persip Bandung “Viking” terhadap pemberitaan seputar Persib di harian Galamedia 9. Hubungan kegiatan employee relations dankepuasan komunikasi karyawan PT astra cilandak – jakarata selatan 10. Peranan media komunikasi (radio swasta) dalammeningkatkan tingkat kepedulian masyarakat di kotamadya Yogyakarta 11. Analisis koneksitas komunikasi organisasi kawasan pengembangan ekonomi terpadu parepare terhadap percepatan pembangunan ekonomi kawasan hinterland 12. Pesan komunikasi politik Abdurahman Wahid (Gus Dur) dalam gerakan demokrasi di Indonesia dan pengaruhnya terhadap kalangan Nahdliyin di Samarinda 13. Faktor faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian telepon seluler di akasar (Uji kemampuan media Iklan cetak) 14. Persepsi target audience terhadap brand image dalam iklan yang menggunakan celebrity endorser 15. Strategi memenangkan persaingan dalam pemasaran surat kabar harian di Makassar “Kasus Fajar, Tribun Timur dan Pedoman Rakyat 16. Peranan komunikasi dan semangat kerja untuk meningkatkan prestasi kerja karyawan PT indoraya 17. Pengaruh komunikasi interpersonal antar pegawai terhadap kinerja pegawai dinas pariwisata dan kebudayaan kota Palembang ILMU PEMERINTAHAN 1. Peranan Tingkat Pendidikan terhadap Kinerja Kepala Desa di Kabupaten Sidenreng Rappang KEDOKTERAN 1. Apakah ada pengaruh teknik relaksasi bernafas terhadap respon adaptasi nyeri pada pasien inpartu kala I 2. Penilaian standar pelayanan rumah sakit melalui kepatuhan prosedur kerja di rumah sakit gigi dan mulut fakultas kedokteran gigi, Universitas Jember 3. Hubungan beberapa faktor yang mempengruhi daya tahan kardiorespirasi siswa-siswi SMA 2 Payakumbuh 4. Hubungan pengetahuan dan sikap ibu hamil terhadap perilaku kunjungan pemeriksaan kehamilan di Puskesmas KEPERAWATAN 1.Hubungan Keadaan Fasilitas Sanitasi terhadap Kebersihan Pasar 2.Hubungan Pengetahuan dan Sikap Murid Kelas V SD Terhadap Pencegahan Keries Gigi di wilayah kerja Puskesmas Cakranegara 3.Hubungan antara peran keluarga terhadap tingkat kecemasan injecting drug user (IDU) usia 15-35 tahun 4.Pengetahuan perawat tentang kegawatan nafas dan tindakan resustasi pada neonatus yang mengalami kegawatan pernafasan ruang NICU, Ruang Perinatologi dan ruang anak RSUD Gunung Jati, Cirebon KESEHATAN MASYARAKAT 1.Model Tarif Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Puskesmas di Kab. Muna 2. Apakah ada hubungan perilaku dengan kecelakaan kerja pada pengemudi taksi Blue Bird Pool Warung Buncit Jakarta Selatan”. KOMPUTER AKUNTANSI 1.Analisis Pelayanan Jasa dalam meningkatkan kepuasan pasien rumah sakit tugu ibu, cimanggis 2.Sistem komputerisasi akuntansi dan analisa laporan keuangan pada PT Batam Samudra MANAJ KEUANGAN 1. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja keuangan MANAGEMEN SDM 1. Analisis peramalan dan pengendalian persediaan bahan pada baku (manaj) 2. Hubungan biaya sumber daya manusia dan pengukuran nilai sumber daya manusia terhadap pelaporan akuntansi sumber daya manusia pada PT Bank Sumsel 3. Analisis pengaruh diferensiasi produk terhadpa kepuasan konsumen pada Toko Dua Motor, Bitung 4. Pengaruh variabel kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty) secara serempak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah pada Bank Mandiri Cabang Hasanuddin Palu 5. Studi tentang kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen di Rumah Sakit Islam Mansirenggo, Klaten 6. Peranan gayakepemimpinan dalam upaya meningkatkan prestasi kerja karyawan pada perusahaan pengrajin perak Tom’s silver di Yogyakarta 7. Hubungan pendidikan dan pelatihan karyawan terhadap peningkatan kinerja karyawan pada PT Sumatera Prima Fibreboard bulan April 2007 8. Pengaruh pemberian kompensasi terhadap prestasi kerja guru di SMK YKTB 2 Bogor 9. Penerapan balanced score card sebagai tolok ukur penialian kinerja pada badan usaha berbentuk rumah sakit 10 Pengaruh Motivasi dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. LKIS Yogyakarta “. 11. Pengendalian harga dan pelayanan sebagai strategi pada PT Samuder Puranabile Abadi Bitung untuk pengembangan pasar sasaran 12. Upaya Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalimantan Barat Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai 13. Pengaruh budaya Kaizen terhadap kinerja karyawan pada koperasi Sae Pujon Kab. Malang 14. Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan PT Telkom Cab. Boyolali 15. Pengaruh perilaku pemimpin dan kompensasi terhadap prestasi kerja karyawan pada Apartemen Sejahtera di Yogyakarta 16. Analisis hubungan faktor-faktor motivasi kerja terhadap kepuasankerja karyawan (studi kasus karyawan RSU Prof. Dr.Soeharso, Surakarta) 17. Pengaruh upah terhadap produktivitas kerja karyawan pada perusahaan Apikri Crafst 18. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Produktivitas Pekerja Studi Kasus Di PT. Jabar Tama Setia MANAGEMEN APA NIH? 1. Analisis Potensi Wilayah Untuk Pengembangan Usaha Sapi Potong Di Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman 2. Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Volume Penjualan Genteng Pada PT. Genteng Maher Perdana Jatiwangi Cirebon Cabang Sukabumi” 3. Bagaimana bentuk solidaritas dan kerjasama Organisasi Mahasiswa Islam dengan Liga 8.Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi di Surabaya? 4. Pengaruh perkembangan jumlah pelanggan kartu HALO malalui program Haloo BEBAS terhadap tingkat pemakaian pulsa ratarata pelanggan kartu Halo 5. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas perusahaan MANAJEMEN PEMASARAN 1. Pengaruh saluran distribusi terhadap volume penjualan 2. Analisis peranan perkembangan jumlah giro, tabungan dan deposito asyarakat terhadap perkembangan jumlah kredit dan perkembanganjumlah sertifikat BI ==> Akuntansi?? 3. Evaluasi Kinerja Produser Terhadap Peningkatan Kualitas Program Acara Televisi pada PT. Pacific Televisi Anugerah Manado 4. Pengaruh variabel PER, PBV, size dan beta secara bersama-sama dapat menjelaskan tingkat pengembalian saham perusahaan 5. Pengaruh faktor psikografi terhadap keputusan pembelian konsumen McDonald’s di Bali? 6. PeNGARUH implementasi TQM thd budaya kualitas PT HARI TERANG 7. (thesis) perbandingan market performance dan karakteristik keungan perusahaan sektor aneka industri dengan sektor properti real estat 8. Hubungan kompensasi dengan semangat kerja karyawan tetap pada PTP Nusantara XII Unit Usaha Sumber Jambe 9. Analisa efektifitas iklan media Televisi Djarum Super Mezzo versi ”Berlari dan Melayang” menggunakan epic model pada mahasiswa S1 Fak. Ekonomi Brawijaya 10. Analisis faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian produk mie instan SEDAP 11. Analisis strategi bauran pemasaran eceran (retail marketing) yang menentukan tingkat kepuasan konsumen pada Super swalayan Semarang 12. Peranan strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan penjualan produk jasa asuransi pada PT Sunlife Financial 13. Analisis Network Planning Dengan CPM (Critical Path Methode) Dalam Rangka Efisiensi Waktu Dan Biaya Proyek Pembangunan Jalan Segitiga Ujung Batu 14. Pengaruh advertising terhadap pembentukan brand awareness serta dampaknya pada keputusan pembelian produk kecap ABC 15. Tinjauan atas penerimaan pajak pertambahan nilai di kantor pelayanan pajak Bandung, Tegalega 16. Pengaruh implementasi relationship marketing terhadap kesetiaan konsumen pada BRI Cab. Cik Ditiro 17. Pengaruh variabel stress kerja, konflik dan dukungan sosial terhadap kepuasan kerja 18. Analisis Penggunaan Selebritis Sebagai Endorser Terhadap Brand Assosiation Produk Jamu Tolak Angin Sido Muncul”. 19. Pengaruh marketing mix terhadap kesetiaan konsumen kartu prabayar IM3 20. Analisis strategi pengembangan pada Rumah Sakit Umum kota Padang 21. Analisis persepsi brand association menurut pelanggan sabun mandi cair Lux pada PT Unilever Indonesia 22. Analisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada depot air minum isi ulang di Tirta Mulya 23. Pengaruh harga, promosi dan kualitas terhadap keputusan pembelian produk alkohol “one med” di Semarang 24. Manajemen perkreditan dan pengaruhnya terhadap efektifitas dana pada Bank Nagari Sumbar 25. Analisa penambahan jumlah tenaga kerja penjual serta hubungannya dengan peningkatan volume penjualan 26. Analisis pengaruh pemberian kredit terhadap pendapatan pedagang kecil PD BPR Purwodadi 27. Faktor faktor yang mempengaruhi ketepatan waktu pelaporan keuangan pasca keputusan Bapepam 28. Analisis pengaruh dana perimbangan terhadap pertumbuhan ekonomi dan disparitas pendapatan antar daerah pasca desentralisasi fiskal di Indonesia 29. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi etnis Cina non-Muslim menjadi nasabah Bank Syariah Mega Indonesia? 1. Faktor faktor yang mempengaruhi frekwensi beli konsumen pada supermarket Pamella, Yogyakarta 2. Faktor yang mempengaruhi keputusan beli pasta gigipepsoden pada mahasiswa STIE 8. Pengaruh persepsi tentang promosi terhadapkeputusanpembelian konsumen pada Toserba Surya Kuningan MATEMATIKA 1.Tingkat penguasaan operasi hitung pada bilangan pecahan murid kelas VI SDN 227 2.Apakah job shop scheduling problem dapat diselesaikan dengan menggunakan algoritma genetik, dan apakah pemilihan antara menggunakan mutasi sederhana dengan local search mutator akan mempengaruhi kinerja dari algoritma. 3.Superedge magic labeling pada graph ulat model trisula dengan panjang n titik 4.Penyelesaian persamaan non-linear metode biseksi dan metode regula falsi menggunakan cara komputasi 5.Penggunaan metode PERT – CPM pada analisis jaringan kerja pembangunan Spillway DAM Bili-Bili 6.Analisis konsep matematis yang melandasi pembentukan algoritma EIGamal, proses penyandian serta implementasi algoritma EIGamal dalam bentuk sebuah program komputer sederhana 7.Pengamanan pesan rahasia menggunakan algoritma kriptografi elgamal atas grup pergandaan Zp MUAMALAH 1.Undang-undang No. 38 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Zakat (studi normatif menurut mazhab Syafii) 2.Tinjauan hukum Islam terhadap kadaluwarsa barang gadai di Perum pegadaian Cabang Lempuyang 3.Zakat profesi dalam perspektif hukum Islam 4.Tinjauan hukum pidana Islam terhadap hak-hak wali, korban delik pembunuhan 5.Tinjauan Hukum Islam terhadap larangan perangkapan jabatan hakim PEND BAHASA INDONESIA 1.Korelasi antara bimbingan belajar orangtua terhadap prestasi belajar anak pada bidang study bahasa Indonesia di MTs 2.Efektifitas Metode Pemberian Tugas dalam Pengajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas V SD Inpress Buttatianang I Makassar 3.Nilai nilai pendidikan akhlak dalam novel Lingkar Tanah Lingkar Air karya Ahmad Tohari 4.Pesan-pesan Dakwah dalam Novel “Kasidah Lereng Bukit” karya Achmad Munif 5. Kemampuan mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks wawancara oleh siswa kelas I SMPN Kec. Seunagan 6. Realisasi kesantunan berbahasa di lingkungan terminal (Kajian sosiopragmatik) 7. Korelasi antara kebiasaan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas XI SMA Taman Islam Cibungbulang Bogor”. PEND BIOLOGI 1.Hubungan partisipasi orangtua dengan prestasi belajar IPA biologi siswa kelas 5 pada SD inpress Rappokaling makassar 2.Pengaruh penggunaan media gambar terhadap prestasi belajar IPA biologi siswa SD Inrpess bertingkat Makasar 3.Faktor faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa siswa SD Negeri Labuang Baji I Makassar terhadap mata pelajaran IPA Biologi PEND BAHASA ARAB 1.Studi tentang pelaksanaan metode sam’iyah dalam pengajaran bahasa arab di kelas II MTs 2.Metode Pengajaran Bahasa Arab bagi Lulusan SD (Studi Analisas pada MTs Al Falah Pancor Dao) 3.Perilaku Sifat dan Mausuf dalam hubungan sintaksis bahasa arab 4.Media Gambar dalam Pengajaran Kosakata Bahasa Arab di TK Al Islam I Jamsaren Surakarta 5.Metode Pengajian di An Nur Foundation Yogyakarta (Dalam Perspektif Pengajaran Membaca Permulaan bahasa arab) 6.Tingkat Perbandingan Bahasa Indonesia arab dan inggris (suatu analisis kontrakstif) 7.Pembelajaran Kitab Kuning dengan Arab Pegon 8.Pengajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Huda Temanggung, siswa kelas V (Telaah Metode) PEND BAHASA INGGRIS 1.The use of brochures and pamphlets in teaching speaking 2.Effectivity of contextual instruction with cooperative approach in increasing conversation ability 3.A study in english varietis used by vendors in Banyumulek 4.The influence of the ability in mastering dialog on the achievement in learning english to the second year students at MAN magelang 5.The influence of main characters conflicts toward plot in oscar wilde “The importance of being earnest” 6.Upaya peningkatan keefektifian dan efisiensi pembelajaran bahasa Inggris pada siswa kelas XI SMA Negeri I Sewon, Bantul 7. Students’s learning achievement with traditional assesment and portfolio assesment PEND EKONOMI 1.Korelasi antara perilaku menyimpang dengan kesulitan belajar siswa pada bidang studi IPS kelas I SMP negeri I Gerung 2.Korelasi antara pemberian penguatan terhadap prestasi belajar siswa kelas II pokok bahasan Pasar pada bidang study Ekonomi di MTs Yusuf 3.Penerapan metode inquiry dengan media VCD dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di MAN Malang 4. Analisis Ekonomi Pemanfaatan Tanah Ulayat Dalam Usaha Perkebunan Kelapa Sawit (Studi Kasus : Perkebunan Kelapa Sawit di Nagari L 5. Penerapan metode Inquiry dengan media VCD dalam meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran ekonomi di MAN Malang I 6. Penerapan metode pembelajaran kooperatif group investigation (GI) dalam meningkatkan kompetensi mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas VII SMP Negeri Surakarta PENDIDIKAN FISIKA 1.Urgensi Fisika dalam perspektif Islam (Tinjauan Ayat Quran) 2.Implementasi Metode berprograma, penemuan dan ceramah terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Fisika 3.Pengaruh temperatur terhadap laju volume oli 4.Pemanfaatan abu kaos Petromax sebagai sumber radiasi nuklir di Laboratorium Jurusan Fisika FMIPA UNNES 5.Aplikasi metode geolistrik resistivitas untuk menentukan letak akumulasi rembesan polutan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) Pakusari, Jember 6. Sistim pengukuran suhu dengan informasi suara untuk orang buta 7. Integritas kontras objek dan data noise pada algoritma perekonsrukti tomografi iteratif citra sinar x 8. Prestasi belajar Fisika pokok bahasan Getaran dan Gelombang melalui pendekatan problem posing berbasis aktivitas di SMUN I Banjarmasin PEND KIMIA 1.Penerapan model pengajaran direct instruction (DI) dalam meningkatkan prestasi belajar kimia pokok bahasan. Hidrokarbon pada siswa kelas X 2. Kandungan kimia minyak atsari tumbuhan andanus 3. Pengaruh perubahan tekanan penjenuhan terhadap kristalinitas polimer dan karakteristik foam di titik terendah dengan proses foaming dengan metode quick heating 4. Aplikasi metode MLR dan PCR pada analisis hub. kuantitatif struktur dan aktivitas antitoksoplasma senyawa turunan kuinolon berdasarkan deskriptor teoritik 5. Pengembangan sensor gas hidrogen sulfida berbasis regen kering timbal asetat PEND MATEMATIKA 1.Study penerapan pembelajaran kontekstual pada bid. study matematika pokok bahasan ruang dimensi tiga di kelas 10 MA miftahul Islah 2.Aplikasi logika matematika pada penyusunan jaringan listrik 3.Perbandingan hasil belajar pangkat rasinal antara siswa yang mendapat peta konsep dan umpan balik dengan yang mendapat peta konsep tanpa umpan balik 4.Pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 7 SMP advent VII Jakarta 5.Tingkat penguasaan operasi hitung pada bilangan pecahan murid kelas 6 SDN 227 larompong makassar 6.Penerapan metode latihan terbimbing untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I SMP Negeri I taliwang, sumbawa barat pada pokok bahasan segitiga 7. Hub antara tingkat kecerdasan, motivasi berprestasi, dan kebiasaan belajar matematika siswa dengan prestasi belajar Matematika siswa semester i kelas xi ipa sma bengkulu 7.Pengaruh implementasi pembelajaran Tematik terhadap peningkatan hasil belajar Matemati ka siswa kelas 3 semester I SD Negeri 034 Samarinda Ulu PENGEMBANGAN MASYARAKAT 1.Pengembangan kualitas sumber daya da’i oleh Korps dakwah Mahasiswa PENGETAHUAN GEOGRAFI 1.Pengaruh Lingkungan masyarakat terhadap motivasi belajar siswa MTs Darul Hamidy 2.Kajian tentang Profesionalisme guru dalam proses belajar mengajar di Madrasah aliyah 3.Kajian pola kerjasama komite sekolah dengan guru dalam mendukung kegiatan belajar mengajar di SDN 4.Pengaruh tingkat pendidikan masyarkat tani terhadap prestasi belajar anak PEND JASMANI 1.Pengaruh modifikasi net yang direndahkan terhadap ketrampilan smash dalam permaiann bulutangkis siswa SD PERBANDINGAN AGAMA 1.Hub. kriesten protestan dengan pancasila di Indonesia 2.Inkulturasi musik liturgi di Indonesia pasca koonsili Vatikan II PERBANDINGAN HUKUM ISLAM 1.Study perband. fatwa antara syaikh yusuf al qaradawi dan syaikh muhammad Nasirudin albani tentang aksi bom syahid yang dilakukan oleh para pejuang palestina 2.pembunuhan berantai perpsektif hukum islam dan hukum positif 3.Sanksi Pembunuhan terhadap non muslim (perbandingan pemikiran ibnu hazm dan mahmud syaltut) 4.Masturbasi dalam Perspektif Ib Hazm dan Imam Syafii 5.Konsep gerakan Islam Imam Syahid Hasan Al Banna 6.Kedudukan anak angkat terhadap harta warisan dalam hukum adat jawa dan KHI 7.Batas usia anak dan pertanggungjawaban pidananya menurut hukum pidana postiif dan hukum pidana islam 8.Jilbab dan cadar muslimah menurut al quran dan sunnah 9.Jilbab dalam pandangan abu Al Ala Al Maududi dan Muhammad Sa’id Al Asymawi 10.Hukum Umroh (study komparasi antara mazhab maliki dan syafii) 11.Hukum mensucikan dan mensolatkan percampuran tubuh jenazah muslim dan non muslim dalam pandangan imam abu hanifah dan syafii 12.Hubungan antar lembaga negara (Kajian Pemikiran montesque dan al Maududi) 13.Gabungan melakukan tindak pidana dalam perspektif KUHP dan Hukum Islam (sebuah study komparatif) 14.Diskursus pemikiran politik Islam di Indonesia (studi pemikiran M Natsir dan abdurrahman wahid tentang relasi Islam dan Negara) 15.Delik Penganiayaan terhadap ibu hamil yang mengakibatkan kematian janin menurut hukum pidana islam dan hukum pidana positif 16.Bunga Bank (Study komparasi antara pendapat nahdlatul ulama dan Muhamadiyah) PERHOTELAN 1.Pentingnya komunikasi bagi sales person di dalam menjalankan tugasnya di aston hotel sudirman 2.Sirkuasi kerja housekeeping di kartika hotel pontianak PERPUSTAKAAN 1.Pemanfaatan Teknologi informasi di perpustakaan MM UGM Yogyakarta 2.Pengadaan Bahan Pustaka di Perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan, Kampus I Yogyakarta 3.Pengelolaan CD ROM di Perputakaan FE UGM 4.Pengolahan arsip berbentuk kertas di perpustakaan lembaga pendidikan perkebunan yogyakarta 5.Perencanaan dan pengembangan sumber daya manusia di perpustakaan politeknik kesehatan jurusan gizi 6.Sistem Klasifikasi di perpustakaan fakultas ekonomi universitas teknologi Yogyakarta 7.Pelayanan sirkulasi di perpustakaan SMU Muhammadiyah I Klaten 8.Layanan penelusuran di UPT Perpustakaan UPN Veteran Yogyakarta PERTANIAN 1.Analisis pendapatan usaha Tani Tembakau virginia pada berbagai status penguasaan lahan (studi kasus) 2.Peranan unit pelayanan pengembangan dan pengolahan hasil pertanian (UP3HP) pada usaha tani nangka 3.Hubungan persepsi petani pemakai air tanah dan manfaat irigasi airtanah dengan pendapatan petani pe makai air tanah (Study Kasus di Cihampelas, Bandung) PPKN 1.Pernanan bimbingan dan penyuluhan dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa di Mts Sambirampak Kidul 2.Kajian tentang partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah langsung dihubungkan dengan UU No. 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah 3.Peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran PPKn melalui pembelajaran kooperatif tipe stad PSIKOLOGI 1.Epistemologi Psikoanalisis Sigmund Freud periode klasik 2.Pengaruh tingkat kecerdasan spiritual terhadap keharmonisan rumah tangga pada suami istri di desa selkbesuki kecamatan sukodono Kab. Lumajang 3. pengaruh antara Indeks Prestasi Kumulatif terhadap lamanya masa tunggu mendapat pekerjaan tetap pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Padang 4. Adakah peranan bimbingan dan penyuluhan dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Wali Songo Desa Laweyan Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo 5. hubungan Perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa pilihan program IPA kelas II SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan 6. Hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar pada siswa kelas II SMU Lab school Jakarta Timur 7. Makna Hidup pada pekerja Seks Komersial 8. Analisis semiotika sisi kehidupan remaja perempuan metropolitan dari sebuah penggambaran di majalah Gogirl 9. Pengaruh tingkat kecerdasan spiritual terhadap keharmonisan rumah tangga pada suami istri di desa selokbesuki kecamatan Sukodono kab. Lumajang 10. Hubungan positif antara kecerdasan ruhaniah dengan altruisme pada mahasiswa 11. Perbedaan Mental Imagery antara suami dan istri mengenai dampak perceraian 12. Pengaruh prestasi pendidikan agama terhadap tingkat kenakalan siswa SLTPN 13 13. Obediance, compliance, conformity, acceptance masyarakat cikoang dalam perayaan Mudu’ Lompoa SASTRA ARAB 1.Al Mar’ah “inda Muhammad Syahrufu fi Kitabihi Al Kitab wal Quran” 2.Riwayah Usfur Min Al Syarq Li al taufik al hakim 3.uslub al Qosr fi diwani al syafi’i SEJARAH ISLAM 1.Peran politik Muhammadiyah Era reformasi 2.Pandangan dunia Hijrah pendekatan sematik terhadap al Quran 3.Nilai-nilai Tasawuf dalam perkembangan fisika modern 4.Kebijakan keagamaan sultan Aurangzeb di India 5.Aktifitas ikatan remaja Muhamadiyah (IRM) Bantul 6.Kaligrafi Kontemporer (Studi pengembangan seni lukis kaligrafi) 7.Pengaruh reformasi Sher Shan terhadap pemerintahan di India 8.Nilai nilai Islam dalam tradisi Ngijiring pada upacara selametan Nyewu 9.Nilai nilai Islam dalam upacara tradisi Nguras Kong di kompleks makam raja mataram imogiri 10.Majelis Ta’lim minhajul karomah dan pengaruhnya terhadap masyarakat 11.Peran sosial dan politik perempuan arab masa nabi Muhammad Saw. 12.Kontribusi Azyumardi Azra dalam Historiaografi Islam Indonesia 13.Keterlibatan Kaum Tarekat Qodariyah Wa Naqsabandiyah dalam Pemberontakan Banten 1888 14.Perkembangan peradaban pada masa Pemerintahan Abd. Arahman Al nashir Li Dinillah di Andalusia 15.Upacara Adat Merti Bumi Wonokerto Turi Sleman SISTIM INFORMASI 1. Analisa struktur kalimat bahasa indonesia dengan menggunakan pengurai kalimat berbasis linguistik string analysis 2. Aplikasi snipper pada game centero 3. Aplikasi penerimaan siswa baru pada SLTPN 6 4. Perancangan aplikasi penjualan aksesosirs motor berbasis web pada PT Surya Mandiri 5. Perancangan sistim informasi deteksi social engineering 6. Sistim informasi penjualan barang suspensi 7. Sisitm informasi penjualan elektronik berbasis web pada toko digital elektronik 8. Sistim pendukung keputusan untuk memaksimumkan daya jangkau media promosi di prisma group menggunakan linear programming 9. Analisa Traffic Internet pada Jaringan Local Area Network SMA Negeri 13 Palembang”. 9. Pembuatan Film Kartun Animasi, 10. Perancangan sistim informasi pendataan biodata mahasiswa pada Fakultas MIPA 11. Penggunaan analisis SWOT dan analisis AHP untuk menentukan strategi pemasaran perusahaan 12. Strategi Pemasaran perusahaan di CV Pusat Pengolahan Kelapa 13. Komputerisasi penyewaan vcd film di Gajah Rental, Surabaya 14. aplikasi sms untuk pelayanan informasi akademik menggunakan visual basic dan oracle 9i DBMS 15. SMS gateway application for location based service (LBS) system with cell global identity 16. Program bantu perhitungan konstruksi dinding penahan tanah menggunakan VB 17. Sistim informasi penjualan barang pada Catrock Distro 18. Membangun Aplikasi Layangan Pengiriman E-mail to SMS dan SMS to E-mail berbasis SMS Gateway 19. Pengontrol suhu berbasis mikronkontroler 20. Perancangan program aplikasi robot untuk mencari objek titik api dengan bahasa C 21. Sistim pengaman rumah berbasis GPRS dan image capturing dengan menggunakan bahasa pemro graman Visual Basic 6.0 22. Perancangan kontrol antar muka antara handphone dengan mikrokontroler untuk kontrol jarak jauh 23. Sistim informasi pemesanan tiket berbasis Web pada PT Caraka travelindo Makasar 24. Implementasi Pengamanan basis data dengan teknik enkripsi 25. Perancangan sistim mengubah SMS pada ponsel GSM menjadi ucapan dengan menggunakan PC 26. Sistem sekuriti email dengan menggunakan Gnu Privacy Guard 27. Pengembangan aplikasi sistem absensi karyawan dengan metode barcode pada PT .. 28. Teknik pembuatan antivirus dengan metode pencarian header file data size ofcode dan Address ofEntrypoint sebagai pattern virus 29. Perancangan sistem penjualan brbasis web pada PT Restu Mahkota Karya 30. Perancangan Aplikasi Kriptography Advanced Encryption Standard 31. Rancangan dan implementasi kamus Indonesia-Aceh 32. Sistim komputerisasi suplier Melati Gambir, Purbalingga 33. Aplikasi pencatatan kehadiran mahasiswa menggunakan sidik jari simulasi vending machine 34. Perancangan Program Pemutaran Lagu MP3 dengan ActiveX Object” 35. Monitoring anak sungai Brantas berbasis mobile application, MAP 36. Sistim informasi penjualan barang pada PT Sinar Sakti 37. Analisa sistem kerja PLC dan pemanfaatan sebagai sistim pengontrolan 38. Perancangan sistim administrasi pendidikan pada stikes Bhamada Slawi 39. Pembuatan perangkat keras sistim penguur suhu ruangan berbasis sensor temperatur DS1621 melalui serial port pada komputer 40. Sistem pengamanan pintu ruang menggunakan kombinasi password jari dan kartu, memanfaatkan PPI8255 modus 0 didukung oleh bahasa pemrograman Delphi 5.0 41 Pemanfaatan Remote Acccess pada jaringan Windows berbasis protokol TCP/IP untuk pengendalian manajemen jaringan 42. Analisa pemakai, analisis sistem, Entity Relationship Diagram (ERD), Data Flow Diagram sistim komputerisasi administrasi pendidikan lembaga pendidikan 43. Perancangan Sistim Operasi dan Aplikasi Perkantoran 44. Pemanfaatan Performance Tuning Port USB dalam menangani basis data komplek suatu sistem 45. Sistem pengolahan Dana Pensiunan guru pada PT Taspen Cab. Utama Medan 46. Sistem Pengolahan Data Pasien Berbasis Jaringan LAN pada Praktek Dr. A. R. Mohammad (source code) 47. Sistem pengolahan data pemeliharaan jalan, jembatan dan lingkungan Tol PT Jasa Marga 48. Mikrokontroler sebagai pengendali kelistrikan Gedung dengan timer kontrol 49. Analisis dan perancangan sistem pembangunan mobile web pencarian alamat penting di Kota Surabaya 50. Implementasi Metrik pada pengembangan perangkat lunak 51. Perancangan sistim informasi Penerimaan karyawan 52. Perancangan sistem informasi rencana perbaikan peralatan non rutin berbasis Komputer untuk unit jasa teknik di PT PLN Malang 53. Sistim informasi Pengarsipan berbasis animasi 54. Sistem pencegahan flooding data pada jaringan Komputer 55. Program aplikasi kearsipan pada PT Multifiling Mitra, Cikarang dengan Delphi 56. Pengembangan perangkat lunak pengolahan tera, tera ulang dan kalibrasi berbasis client server 57. Aplikasi akuntansi perhitungan pajak tahunan penghasilan pasal 21 pegawai tetap pada deltra training 58. Analisa perancangan sistem pengisian formulir rencana studi secara online di stmik perbanas SOSIOLOGI 1. Trend remaja nongkrong di cafe (studi kasus) 2. The reality of redistribution poverty and health in the district of columbia 3. Dominasi kekuasaan dan resistensi masyarakat (studi konflik peremajaan pasar senapelan di Pekanbaru) 4. Kebijakan Nuklir iran 5. Study kasus para mahasiswa memaknai keberadaan angkringan? SYARIAH 1. Pelaksanaan monitoring pembiayaan murobahah di PT BMI Tbk. Cab. Kediri 2. Praktek pembagian harta warisan (studi kasus pada masyarakat Dayak desa Loksado Kec. Lokasdo, kabupaten hulu sungai selatan) 3. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya simpanan mudharabah perbankan Syariah di Indonesia dalam jangka pendek dan panjang 4. Pengaruh tingkat debt financing dan equity financing terhadap profit expense ratio perbankan syariah 5. Studi empiris tentang instrumen moneter pada sistem Dual Banking di Indonesia 6. Studi Empiris Tentang Perencanaan Stabilitas Moneter Pada Sistem Dual Banking di Indonesia Periode 1997.I – 2003.I” 7. Analisis hubungan Kausalitas Granger antara tingkat Imbal jasa Agregat dengan Tingkat Pembiayaan perbankan Syariah dan Tingkat Kredit Perbankan konvensional di Indonesia 8. Pengaruh Gross Domestic Product, jumlah kantor, tingkat bagi hasil bank syariah, dan tingkat suku bunga bank konvensional terhadap simpanan mudharabah perbankan syariah 9. Tinjauan terhadap teori perilaku produsen – Perbandingan antara ekonomi konvensional dan Ekonomi Syariah 10. Analisis Pinjaman konsumtif Riil pada Bank Syariah di Indonesia (Ekon Pembangunan) 11. Analisis transmisi Kebijakan Moneter (Credit Channeling) terhadap posisi kredit investasi di Indonesia JUDUL CAMPURAN 1. Analisis Ukuran dan Pertumbuhan UKM Informal di Indonesia Periode 2. Pengaruh budaya perusahaan terhadap efektifitas organisasi pada PT Shafira (manaj) 3. pengaruh labelisasi halal tersebut terhadap keputusan pembelian produk makanan dalam kemasan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran Bandung (manajemena0 4. Perancangan dan implementasi layanan informasi jadwal sholat dan arah kiblat berbasis SMS (MTK0 5. Pelaksanan promosi dalam upaya memelihara loyalitas pelangganpada PT Indosat Tbk. (manaj pem) 6. Tinjauan pelaksanaan saluran disteribusi dalam upaya meningkatkan penjualan (manaj pem) 7. Pengaruh kepemimpinan terhadap motivasi karyawan di PT Radio Swakarsa Megantara Bandung (manaj personalia) 8. Pengetahuan Konsumen Mengenai Perbankan Syariah dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah padaPT Bank Syariah Mandiri Tbk Cabang Bandung”. (Ekonomi Pemb.) 9 Analisis Kepuasan Nasabah Penghimpun Dana Terhadap Produk, Tarif Jasa dan Kualitas Pelayanan Perbankan dengan Prinsip Syariah Pada Bank Syariah Mandiri Bandung (Ekonomi) 10. Analisis perbandingan kepuasan nasabah pada sistem antrian teller Bank, menggunakan nomor dan tanpa nomor 11. Studi pada Bank BNI Cabang UNPAD Bandung (manaj) 12. Analisis reaksi pasar modal Indonesia akibat peristiwa bom Bali, JW Marriot dan Kuningan (ekonomi) 13. pengaruh keputusan produk individual shampoo Pantene Pro-V terhadap loyalitas konsumen. 14. pengaruh penerapan nilai-nilai Islam pada bank berbasis syariah terhadap loyalitas nasabah. 15. Pengaruh penawaran produk imitiasi jenis fashion terhadap proses pengambilan keputusan konsumen pada konsumen pasar eceran pekanan gasibu, Bandung (manaj) 16. Analisis pengaruh SBI, Jumlah uang beredar, inflasi dan nilai tukar rupiah terhadap kinerja Reksadana saham di Indonesia (ekon pemb) 17. Adakah pengaruh wirausaha terhadap pengembangan karir individu pada distributor MLM 18. Pengaruh perputaran aktiva tetap danperputaran piutang terhadap profitabilitas (studi empiris) 19. Pembangunan Aplikasi Perangkat Lunak Akuntansi Realisasi Anggaran Pemerintahan Daerah Tingkat II (TI) 20. konsep ideal penempatan perambuan lalu lintas dalam pengaturan lalu lintas di Kota Palopo. (adm pemerintahan 21. Hubungan biaya sumber daya manusia dan pengukuran nilai sumber daya manusia terhadap pelaporan akuntansi sumber daya manusia pada PT Bank (akunt) 22. Hubungan pembagian kerja dan wewenang karyawan terhadap prestasi kerja pada Bank Bukopin cabang Palembang bulan Mei 2007 (akun) 23. Pendapatan bagi hasil dan perlakuan akuntansinya pada Bank Syariah 24. Penerapan akuntansi pajak atas kepemilikan aktiva kendaraan dengan metode capitas Lease pada PT Iglas sebaga Lesse 25. Metode pengukuran dan pengakuan rekening-rekening laporan keuangan untuk penghitungan zakat mal Perusahaan 26. Kedudukan dan Fungsi Internal Auditor Pada PT. Citra Bangun, Medan.” 27. Peranan perilaku sosial PT X sebagai bentuk pertanggungjawaban sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya 28. Analisis perkembangankemampuan keuangan daerah dalam mendukung pelaksanaan otonomi daerah di kabupaten Sukoharjo 29 Pengaruh asimetri informasi terhadap praktik manajemen laba? 30. Pengaruh pemeriksaan operasional terhadap efektivitas pengendalian intern penjualan kartu TelkomFlexi di PT.Telkom Bandung 31 Perhitugnan harga pokok produksi Flooring pada PT Rimba Karya Rayatama di Samarinda 32. Pengaruh motivasi, metode pembelajaran dan lingkungan terhadap prestasi belajar Akuntansi pada siswa Kelas XI Ilmu Sosial SMAN 1 32. Hubungan pendidikan dan pelatihan karyawan terhadap peningkatan kinerja karyawan pada PT Sumatera Prima Fibreboard bulan April 2007 33. Analisis perbedaan kinerja keuangan, tingkat kemahalan harga saham, return saham dan likuidi tas saham perusahaanyang melakkan stock split dan perusahaan yang tidak melakukan stock split pada perusahaan manufaktur yang go public di BEJ 34. Analisis Network Planning Dengan CPM (Critical Path Methode) Dalam Rangka Efisiensi Waktu Dan Biaya Proyek Pembangunan Jalan Segitiga Ujung Batu (Studi Kasus Pada CV. Kenari Bangkit Jepara)”. 35. Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Karyawan Terhadap Promosi Jabatan pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. 36. Pengaruh pemberian kompensasi terhadap prestasi kerja guru di SMK YKTB 2Bogor 37. Pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan PT Telkom Cab. Boyolali 38. Pengaruh perilaku pemimpin dan kompensasi terhadap prestasi kerja karyawanpada apartemen Sejahtera 39. analisis pengaruh kualitas lyanaan terhadap kepuasan konsumen pada depot air minum isi ulang Tirta Mulya 40. Manajemen perkreditan dan pengaruhnya terhadap efektifitas dana pada BankNagari sumbar 41. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas perusahaan 42. Pengaruh advertising terhadap pembentukan brand awareness serta dampaknya pada keputusan pembelian priduk kecap ABCA 43. Tinjauan atas penerimaan pajak pertambahan nilai di kantor pelayanan pajakBandung, Tegalega 44. Pengaruh implementasi relationship marketing terhadap kesetiaan konsumen pada BRI cabang cik di tiro Yogyakarta 45. Pengaruh penerapan kinerja bauranpemasaran terhadap pembentukan lolyalitas pelanggan pada butik busana muslim Shafira 46. Analisis transmisi kebijakan moneter (credit channeling) terhadap posisi kredit investasi di Indonesia 47. Pengaruh Komponen pengeluaran agregat terhadap permintaan agregat impor Indonesia dalam jangka panjang dan pendek 48. Efektifitas VCD sbagai media pembelajaran IPS kelas IV di MI Tsamrotul Huda I Jatirogo (fak. Kurikulum dan Tek Pendidikan) 49. penelitian sistem informasi lahan rawa gambut hutan produksi Pedamaran Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Il 50. Analisis Hubungan Antara Laba Akuntansi Dan Laba Tunai Dengan Dividen Kas Pada Industri Barang Konsumsi Di Indonesia 51. Penggunaan analisis rasio keuangan untuk mengevaluasi tingkat kesehatan dan perkembangan usaha pada Perum Pegadaian Cab. Purwokerto 52. Persepsi manajemen BUMN, BUMD, dan BUMS di Jawa Timur terhadap management Audit sebagai strategi untuk mencegah dan mendeteksi kecurangan pada fungsi pembelian 53. Pengaruh financial leverage terhadap ROE dan EPS pada perusahaan pertambangan logam dan mineral yg terdaftar di bursa efek 54. Pengaruh Struktur Kepemilikan Saham, Leverage, Faktor Intern Dan Faktor Ekstern Terhadap Nilai Perusahaan 55. Sintesa mensintesis kompleks Co(II) dengan sulfadiazin dan sulfamerazin 56. Penerapan balanced scrore card sebagai tolok ukur pengukuran kinerja pada RSU Lampung 57. Membangun jaringan pc cloning menggunakan software winnconnect 58. Pengaruh CAR (Capital Adequacy Ratio), FDR (Financing to Deposit Ratio),BOPO (Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional) dan NPL (Non Performing Loan) terhadap Profitabilitas Bank Syariah Mandiri 59. Pengendalian bilateral robot berbasis PC dengan mikrokontroler H8/3052F sebagai unit data akuisi 60. informasi mengenai sifat fisik dan kimia secara aktual dan potensial dalam rangka penilaian kelas kesesuaian untuk tanaman karet di Desa Tanjung Serang 61. Analisa dan rancangan sistim pemasaran online pada sonic gear gallery 62. Perancangan sistim informasi pemesnan online berbasis web pada PT Inbisco 53. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Kredit Investasi Pada Bank Umum di Kabupaten Sleman (kurun waktu 1989 – 2004)”. 54. Penerapan pengajaran dan pembelajaran kontekstual dalam upaya peningkatan hasil belajar pada mata diklat memasang sistem perpipaan dan saluran (MSPS) di SMKN 1 Bukit Tinggi 55. hub. penerapan aspek spiritualitas perawat dengan pemenuhan kebutuhan spiritual pada pasien rawat inap di Rumah Sakit Haji Makassar (keperawatan) 56. Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Karyawan Terhadap Promosi Jabatan pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk 57. Sistem informasi penggajian pada PT Surya Lagang Ostentasi Medan 58. peranan penagihan pajak dengan surat paksa terhadap pencairan tunggakan pajak reklame di dinas pendapatan derah kec.pancoran 59. Pengaruh kompenasi finansial terhadap kinerja karyawan Puskesmas Narbada, Lombok Barat 60. Analisis peningkatan kualitas produksi Abon dalam rangka meningkatkan pendapatan pada UD Tiga Dara Narmada, Lombok Barat 61. Perancangan data kepegawaian menggunakan sistem menu Pull Down pada CA- Clipper 5.3 (source code) 62. Pengaruh perhatian orangtua dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa (BK) 63. Adsorbsi limbah zat warna tekstil jenis Procion Red MX 8B oleh kitosan dan kitosan sulfat hasil deasetilasi kitin cangkang bekicot 64. Sistim informasi perusahaan umum pegadaian cabang pandaan 64. Gambaran sistem pengelolaan rekam medis RS Lancang Kuning, Pekanbaru (Kesmas) 66. Pengaruh faktor-faktor motivasi ditinjau dari sisi finasial, psikologi dan sosial terhadap prestasi kerja kar yawan – studi Kasus pada PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (Thesis Sosial) 67. Tabungan Wadiah, Pembiayaan Mudharabah, Pembiayaan Murabahah dan Pembiayaan Bai’ Bitsaman Ajil 68. Pengaruh Motivasi dan Pengalaman Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan PT. LKIS Yogyakarta 69. Analisa sikap konsume supermarket Indogrosir 70. Faktor faktor yang mempengaruhi produksi petani karet yang dikelola oleh PT JA Wattie (Studi Kasus di Desa Pegadingan, Kecamatan Cipari Kab. Cilacap) 71. Evaluasi sistem dan prosedur pembelian pada Mirota Kampus Yogyakarta 72. Pengaruh Kepemimpinan dan komunikasi terhadap prestasi kerja pada percetakan dan penerbitan PT LKIS Yogyakarta 73. Modifikasi tata rias pengantin Dayak Maayan Kalimantan Tengah ditinjau dari bentuk sanggul, aksesoris dan busana di lab. rias – Akademi Kesejatheraan Sosial, Yogyakarta 74. Analisis rasio keuangan pada perusahaan Karang Jati Furniture 75. Analisis pengaruh ekuivalen nisbah bagi hasil tabungan dan frekwensi pencairan pembiayaan terhadap jumlah nasabah baru ada BMT Al karomah, Martapura 76. Analisa mempelajari tentang data warehouse dan penerapannya pada dunia kerja 77. Studi variasi komposisi cetacea di perairan taman nasional komodo, flores NTT (Kelautan) 78. Pelaksanaan promosi dalam upaya memelihara loyalitas Pelanggan pada PT Indoesat (manaj Pemsrn) 79. Analisis pergeseran sektor-sektor ekonomi di kab. Banyumas Tahun 80. Analisa Kualitas pelayanan publik di Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Kabupaten Jember (adm publik) 81. faktor-faktor yang dapat mempengaruhi efektivitas pangelolaan kearsipan pada suatu kantor di PT PLN Sero Makasar 82. The influence of the ability in mastering dialogue on the achievement in Learning English to the second year students at MAN magelang 83. A Study on teaching English using games to the 9th students of SMPN 3 Pare-Kediri 84. An error analysis on the use of Simple Present Tense among the 9th year students of SMPN 3 Pare 85. A comparative study between English and Indonesia Adverbs 86. influence of teaching speaking english thru games at the second year of the students at SMK Brawijaya. Teaching Reading Comprehension with communicative approach through sings and games to the eight year students of SMP Brawijaya 87. the main characters characterization of Danielle Steel’s “ A Special Delivery”. 88. aplikasi portal kramat jati TAFSIR HADITS 1. Penafsiran imam menurut al tabari dan al tabataba’i 2. Pengaturan perilaku konsumsi menurut pemikiran Yusuf Al Qardhawi 3. Meotde ulama salaf dalam memahami ayat-ayat mutasyabihat (studi terhadap metode tajwid dan ta’wil) 4. Hadis-hadis tentang keuntungan jual beli (studi ma’ani) 5. Kritik matan dengan metode analisis linguistik 6. Relevansi konsep pluralisme agama Farid esack terhadap perkawinan antar agama di indonesia 7. Posisi asbabun nuzul dalam penafsiran alquran ditinjau dengan hermeneutika paul ricoeur 8. Hadis-hadis larangan menafsirkan al quran dengan ra’yu 9. hadits2 tentang terputusnya sholat karena melintasnya anjing, keledai dan wanita 10. hadits tentang seburukburuknya pemimpin selama menegakkan sholat 11. Madh dan Zamm dalam al quran TARBIYAH 1. Pendidikan pondok pesantren tradisional dalam perspektif Islam 2. Peranan orangtua dalammembina kecerdasan spiritual anak 3. Konsep metode menghafal dalam pembelajaran al quran 4. Analisis kesulitan belajar bahasa Arab pada mata kuliah Istima’ 5. Pengaruh penerapan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) terhadap hasil belajar siswa di Beji – Jenu – Tuban 6. Implementasi pembelajaran Akhlaq 7. Anak Putus Sekolah dan Cara pembinaannya di Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen 8. Peranan bimbingan dan penyuluhan dalam menanggulangi kesulitan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah Wali Songo Desa Laweyan Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. 9. menganalisa hubungannya dengan prestasi belajar, karena pada dasarnya pola kehidupan siswa MTs. Hidayatus Sholihin cukup berpengaruh pada prestasi belajarnya TEKNIK KOMPUTER 1. Monitoring ruangan menggunakan kamera IP dengan bahasa Pemrograman PHP 2. Rancang bangun sistim pengukuran suhu ruang berbasiskan mikrokontroler 3. Sistim pengaman rumah berbasis general packet radio service (GPRS) dan image capruing dengan menggunakan vb06 TEKNIK ELEKTRO 1. Pengembangan implementasi metrik pada pengembangan perangkat lunak 2. Sistim pemantauan ketinggian air secara real time berbasis mikrokontroler 3. Analisa meenggunakan metode kriteria luas sama untuk menentukan kestabilan sistem tenaga listrik dalam keadaan peralihan 4. Perkembangan tekn. telekomunikasi khususnya pada jaringan Lokal Akses Radio dan Wireless lokal loop di Kandatel Bekasi 5. Menganallisa data trafik beserta parameter – parameter yang ada dalam sebuah sistem seluler berbasis teknologi GSM Khususnya BSC Semarang 6. Sistim pemauntauan ketinggian air secara realtime berbasis mikrokontroler at89c2051 7. desain kontroler menggunakan metode liner quadratic regulator (LQR) untuk pengontrolan suhu uap pada solar boiler once trough time 8. Kriptografi Twofish 9. Tegangan pemulihan pada kontak suatu pemutus daya tegangan tinggi untuk beberapa jenis karakteristik rangkaian 10. Perbandingan 3 metode iris scan 11. White Noise Storm (WNSTORM) Encryption 12. Pengendalian lengan robot ROB3 sebagai penjejak benda 13. Bagaimana merencanakan dan membuat suatu alat yang dapat membaca kode-kode dari remote kontrol TV? 14. Alat penghitung pemakaian listrik digital dalam rup 15. Rancang Bangun Alat Pengering Jamur Kuping Dengan Pemanas Menggunakan Mikrokontroller AT89C52 16. Analisis Sandi Linear terhadap Ciphertext dengan menggunakan Arsitektur SPN 17. Implementasikan mesin routing untuk IP Telephony dengan menggunakan GNU Gatekeeper (GnuGk) tanpa mengganggu otorisasi pengguna jaringan. 18. Aplikasi permainan rangkai huruf . TEKNIK SIPIL 1. Penerapan Activity Based Costing untuk meningkatkan akurasi dalam perhitungan harga pokok konstruksi pada pelaksanaan pengecatan perusahaan jasa konstruksi PT “ X “ di Surabaya TEKNIK INDUSTRI 1. Penentuan kebutuhan kalori buruh angkut dengan analisa denyut jantung pada PR gedung biru 2. Pengembangan produk konsumen dengan fokus kebutuhan pelanggan 3. Persepsi karyawan terhadap proses seleksi dan penempatan 4. Peningkatan kualitas pelayanan jasa kesehatan di instalasi rawat inap dengan menggunakan metode servqual-fuzzy 5. study kasus alternatif dalam menentukan waktu pelaksanaan kegiatan perawatan preventif , bagi mesin tenun yang dapat meminimalkan biaya perawatan yang dikeluarkan perusahaan 6. identifikasi kebutuhan pelanggan bertujuan untuk mengetahui atribut-atribut yang penting dan berhubungan dengan kepuasan pelanggan sebagai dasar dalam langkah pengembangan produk selanjutnya. 7. persepsi karyawan terhadap proses seleksi dan penempatan di pt masuya graha 8. Analisa ruang lingkup proses pengelasan pada bengkel konstruksi divisi produksi di PT Dok 9. Penentuan kebutuhan kalori buruh angkut dnegan analisa denyut jantung pada PR Gedung Biru, Malang 10. analisa pengaruh waktu tahan terhadap baja karbon rendah dengan metode pack carburizing TEKNIK INFORMATIKA 1. Ensiklopedia mata berbasis multimedia 2. implementasi algoritma enkripsi rundael dalam openssl 3. perancangan aplikasi kriptography 4. Perancangan sistem informasi penerimaan karyawan dan absensi pada bagian personalia PT sikas dunia wisata 5. Simulasi sistem pengontrolan daya listrik menggunakan programmable peripheral Interface 6. Sistim informasi pengarsipan berbasis animasi 3d 7. Sistim informasi perpustakaan berbasis web pada perpustakaan universitas surakarta 8. Sistim pencegahan flooding data pada jaringan komputer 9. Aplikasi text to speech (TTS) berbahasa indonesia sebagai pembaca sms 10.IEEE 802.11b sebagai standar teknologi jaringan komputer nirkabel 11 Membangun jaringan PC cloning menggunakan software winconnect 12. PC cloning melalui port USB dengan menggunakan software betwin 13. Pengembangan perangkat lunak pengolahan tera, tera ulang dan kalibrasi berbasis client server 14. Perancangan sistem penjualan berbasis web pada PT Resu Mahkota 15. Sistim informasi perwakilan berbasis web TEKNIK MESIN 1. Proses pengelasan pada bengkel konstruksi divdisi produksi unit produksi Jakarta II 2. Membandingkan spesifikasi mesin pendingin pada data eksisting dengan hasil perancangan ulang. 3. Mendapatkan hasil perancangan ulang mesin AC Split 2 PK TEKNIK PERTANIAN 1. Study faktor keserasian alat gali muat dengan alat angkut pada kegiatan pengupasan overburden di PT Kitadin TEKNIK SIPIL 1. Analisis penentuan akses jalan masuk di lingkungan universitas jember menggunakan metode pembebanan lalu lintas 2. Kinerja sistem sirkulasi jaringan jalan dengan tiga akses pintu masuk (pintu utama Jl. Kalimantan dan dua pintu pendukung Jl. Jawa dan Jl. Mastrip 3. Tinjauan pemisah arah permanen terhadap arus lalu lintas di jalan S. Parman , Banjarmasin TELEKOMUNIKASI 1. Rancang bangun sistem informasi perpustakaan berbasis web TESIS TESIS 1. Eksistensi kebijakan daerah yang demokratis dalam sistem pemerintahan yang bersih bebas dari korupsi kolusi dan nepotisme (hukum kenegaraan) 2. Pengaruh stress kerja terhadap motivasi kerja dan kinerja karyawan PT sampoerna (SDM) 3. Predicting the Detection Ratesof Transiting Hot Jupitersand Very Hot Jupitersin Wide-field Photometric Surveys (Astronomi) 4. Effective Field Theory and the Pragmatics of Explanation (Filsafat) 5. Implementasi Peraturan Daerah Kota Palu Yang Berorientasi Bagi Kepentingan Masyarakat Dalam Menunjang Otonomi Daerah (Ilmu Hukum) 6. Proximity dan kandungan sosioemoisi isi pesan email di mailing list Unhas (Komunkasi masa) 7. Pengaruh faktor-faktor motivasi ditinjau dari sisi finansial, psikologi, dan sosial terhadap prestasi kerja karyawan (Ilmu Sosial) 8. Adaptive online mechanism design in single valude domain: An Ironing Approach (sains) PEND BIOLOGI 2 1. Hubungan antara pemahaman siswa terhadap konsep ekologi dan konsep lingkungan 2. Perbedaan berat ikan mas yang diberikan makanan pellet keong sbg bahan baku tamahan, dengan prosentasi yang berbeda dalam sistem air deras 3. Hubungan antara luas lahan pertanian, mata pencaharian dan tingkat pendidikan penduduk dengan pola penggunaan sumber daya air situ Cibuyut desa Lewo Baru kec. Malangbong 4. Korelasi status gizi anak dengan status ekonomi orangtua 5. Perbedaan jumlah perkecambahan biji kopi robusta yang direndalam dalam larutan asam gibberelat dengan konsentrasi yang berbeda 6. Perbedaan hasil tanaman kacang panjang kultivar usus hijau yang diberi M-Bio dengan konsentrasi yang berbeda 7. Perbedaaan hasil tanaman bayam petik yang ditanam dalam media campuran yang berbeda 8. Perbedaan hasil belajar siswa kelas I SMU Negeri 1 Limbangan, Garut antara siswa yang diajar dengan penyajian materi secara konvensional dan siswa yang diajar dengan penyajian materi melalui struktur belajar diskriminasi pada pokok bahasan zygomicotina dan ascomycotina Peranan pembelajaran PPKn terhadap pembinaan toleransi antar umat beragama di SMAN I Cikembar Pengaruh sifat fisik tanah terhadap besarnya erosi tanggul sungai Cimanuk di Desa Sukawana, Maja lengka (Geografi) Pengaruh pemberian tugas secara akumulatif terhadap hasil belajar siswa dalam pokok bahasan Matriks (Pend. Matematika) Pemberian insentif sebagai salah satu upaya untuk meningkatan prestasi kerja para karyawan Yogya Dept. Store (pend Ekonomi) Partisipasi Tokoh Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program SLTP Terbuka Di Tempat Kegiatan Belajar (TKB) Indularang Desa Purwarahayu Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya (Pend Luar Sekolah) Hubungan kekerapan membaca surat kabar denganpenguasaan kosakata serapan bahasa asing siswa kelas 2 SMUN 2 Tarogong 9. Hubungan hasil belajar pada materi virus dengan sikap terhadap kesehatan siswa kelas I SMU Negeri 3 Tasikmalaya 10. Perbedaan hasil belajar siswa yang diajak menggunakan metoda ceramah dengan strategi hafalan dan strategi pemberian makna pada sub konsep klasifikasi tumbuhan 11. Hubungan antara minat siswa terhadap pelajaran Biologi dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Biologi 12. Analisis perlakuan masyarakat terhadap air sungai sebagai sumber air bersih di kelurahan 36 Ilir (Kesehatan Masyarakat) 13. Analisis faktor – faktor yang berhubungan dengan pilihan Akseptor KB terhadap kontrasepsi Pil di desa Jejawi Wilayah kerja Pustu Jejawi Kecamatan Jejawi Kabupaten Ogan Komering Ilir tahun 2007 .(keperawatan) 14. Nilai2pendidikan islam dalam hadits Perintah Sholat 15. Penanganan injeksi SQL pada situs berbasis CMS dan Joomla 16. Analisis strategi bauran pemasaran eceran yang menentukan tingkat kepuasan konsumen Swalayan 17. Implementasi teknik watermarking pada domain DCT untuk citra berwarna 18 Hub. persepsi siswa tentang metode latihan dan kemampuan matematika dengan hasil belajar perhitungan statistika bangunan pada siswa tingkat II program keahlian teknik konstruksi bangunan 19. Hukum jaminan dan jaminan kredit perbankan Indonesia Jakarta, PT Raja Grafindo 20. Aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit diabetes menggunakan metode forward chaining (open source code) ILMU KOMUNIKASI FAK. DAKWAH 1. Komunikasi dakwah UKKI Jama’ah al Kautsar terhadp mahasiswa IST Akprind 2. Konsep dakwah menurut Jalaludin Rahmat 3. Pendekatan Dakwah paguyuban Jampi Stress terhadap Masyarakat pasar Kembang 4. Pesan-pesan dakwah dalam novel “Kasidah Lereng Bukit” Analisa pengaruh waktu tahan terhadap baja karbon rendah dengan metode pack carburising (teknik mesin) Pengembangan produk konsumen dengan fokus kebutuhan Pelanggan (teknik Industri)